Jokowi Paparkan Strategi Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global

DPR Rapat Tertutup Bahas Penerimaan Pajak dan Bea Cukai 2019
September 25, 2018
Pengelola Kawasan Industri Teluk Bintuni Dijamin Dapat Tax Holiday
September 25, 2018

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kerja sama antara semua pihak dalam upaya menghadapi ketidakpastian situasi perekonomian global.

Dia menuturkan, sinyal ketidakpastian ekonomi global tersebut antara lain kenaikan suku bunga bank sentral AS serta krisis di Argentina dan Turki.

“Apa yang harus kita kerjakan? Menurut saya adalah konsolidasi dan koordinasi yang kuat antara moneter, fiskal, dan dunia usaha,” kata dia dalam perayaan 50 tahun Kadin Indonesia, di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, seperti ditulis Selasa (25/9/2018).

Jika kerja sama antara ketiga sektor ini dapat berjalan dengan baik, Mantan Walikota Solo ini yakin, Indonesia dapat memenangkan kepercayaan dunia internasional.

“Kalau kita bisa menemukan ini, mengkonsolidasikan dengan baik, ketemu, kita¬†gampang sekali membangun yang namanya trust. Sama seperti bangun perusahaan, membangun sebuah korporasi, sebuah kepercayaan, penting sekali,” ujar dia.

“Kita harus membangun trust, confident agar dunia internasional, pasar percaya bahwa kita memiliki keseriusan dalam menyelesaikan masalah di negara ini,” tambah Jokowi.

Selain itu, arah dan tujuan pembangunan harus dapat ditetapkan secara jelas serta dapat dipertanggungjawabkan dengan data yang akurat.

“Buat saya, arah pembangunan sudah tampak jelas. Tujuan juga harus sangat jelas. Target harus jelas. Ndak bisa kita sekarang ndak pakai angka-angka. Meskipun target tidak ketemu, yang penting beri target dulu. Arah serta tujuan itu kemudian disikapi dengan daya juang yang tinggi dan etos kerja yang tinggi,” tegas dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only