Dinilai Merugikan, Mencoba Baju di Toko Bakal Dikenakan Pajak di Negara Ini

Lakukan Ini Usai Jual Kendaraan Agar Tak Kena Pajak Progresif
September 26, 2018
PPh Bunga Obligasi Dikaji Turun, Bank Hadapi Risiko Perebutan Dana
September 26, 2018

HOBI anak-anak sekarang jajal baju di kamar ganti sepertinya bakal hilang. Pasalnya, di Spanyol, ada usulan mengenai pajak menjajal baju di toko.

Dilansir  dari Oddity Central, Selasa (25/9/2018), ide tersebut muncul dari Menteri Ekonomi dan Perbendaharaan di Castilla y León María del Pilar del Olmo. Ada alasan khusus kenapa Olmo ingin peraturan itu diberlakukan.

Menurutnya, memberikan biaya pajak pada tindakan jajal baju itu dapat mencegah ‘praktik tidak etis’ bagi orang-orang yang mencoba pakaian hanya untuk membelinya lebih murah secara online. Olmo membuat gagasan kontroversial tersebut dalam acara Konferensi Industri Ritel di hadapan Menteri Pariwisata, Perdagangan, dan Industri di provinsi tersebut.

Olmo menjelaskan, saat ini banyak pembeli yang diam-diam mengunjungi butik hanya untuk mencoba pakaian, namun kemudian keluar dan membelinya secara daring. Hal ini dinilai curang dan membawa dampak yang kurang baik pada pemilik toko offline.

Menurut pandangan Olmo, kebiasaan ini tidak terlalu berdampak baik bagi toko ritel besar yang menjual pakaian di laman resmi mereka. Sementara itu, ini telah menjadi masalah bagi toko ritel yang menjual berbagai merek dan perlahan bisa melumpuhkan gerai ritel pakaian di sana.

Meski memiliki niat yang baik, tapi usulan tersebut menuai kritik. Banyak yang mengatakan bahwa perbedaan harga pakaian di toko dengan online tidak relevan. Lainnya mengatakan bahwa butik biasa menjual barang-barang edisi terbatas yang sangat sulit ditemukan di tempat lain, bahkan secara online.

Karena pernyataan Olmo itu juga di media sosial muncul sebuah petisi yang menyatakan bahwa ide Olmo tidak logis. Ada 91 persen responden yang menolak gagasan tersebut dan percaya bahwa masyarakat memiliki hak memilih sebelum memutuskan untuk membeli.

“Itu hanya sebuah ide. Bagian utama dari identitas Spanyol adalah keberadaan toko offline dan satu-satunya cara untuk memastikan mereka tetap bertahan adalah dengan mencari ide-ide inovatif,” kata Olmo.

Sumber : Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only