Ini Dia Skema Baru Pajak Mobil, Bikin Harga Sedan Turun?

Warga Jakarta Bayar PBB Rp3,68 Triliun Lewat Bank DKI
October 1, 2018
Sri Mulyani Heran Masih Banyak Masyarakat Takut Bikin Kartu Wajib Pajak
October 1, 2018

Jakarta – Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan skema baru pengenaan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) terhadap kendaraan. Melalui skema baru itu, PPnBM terhadap mobil sedan diyakini akan lebih rendah.

Adapun skema baru tersebut telah diusulkan ke Kementerian Keuangan, demi mendongkrak produktivitas industri otomotif nasional untuk menggenjot ekspor.

“Kami sedang menggenjot produksi sedan untuk memperluas pasar ekspor. Apalagi industri otomotif memang berorientasi ekspor dan prioritas dalam penerapan revolusi industri 4.0. Kami juga sedang fokus pada pengembangan produksi kendaraan listrik,” ungkapnya melalui siaran pers dikutip, Senin (1/10/2018).

Dalam skema baru yang diusulkan itu, perhitungan PPnBM tidak lagi berdasarkan tipe kendaraan, ukuran mesin, dan peranti penggerak.

Sementara itu, pemerintah juga memberikan pajak yang lebih rendah untuk kendaraan komersial serta kendaraan yang masuk program emisi karbon rendah (low carbon emission vehicle/LCEV) dan kendaraan bermotor hemat bahan bakar dan harga terjangkau (KBH2) atau dikenal juga dengan low cost green car (LCGC). Di dalam skema pajak ini, PPnBM yang berlaku 0-30%.

Sumber : CNBC Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only