Kasus Pajak Menerpa Donald Trump

Jual Minyak ke RI Terkendala Pajak, Ini 3 Usulan ESDM
October 4, 2018
Tiga Opsi Penyelesaian Pajak Penjualan Minyak Kontraktor ke Pertamina
October 4, 2018

NEW YORK. Serangan publik terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump masih terus terjadi di negeri Paman Sam. Yang terbaru, New York Times edisi Selasa (2/10) menerbitkan sebuah laporan investigasi. Laporan itu menyebutkan bahwa Presiden AS Donald Trump melakukan penggelapan pajak sejak lama.

New York Times juga membantah pernyataan Trump selama ini bahwa kekayaannya berasal dari usahanya sendiri. Trump diduga menerima uang US$ 413 juta dari kerajaan real estat ayahnya Fred C Trump. Terlebih lagi, uang tersebut diperoleh Trump melalui skema penipuan dan penghindaran pajak sejak tahun 1990-an.

Orang tua Trump mentransfer lebih dari US$ 1 miliar dari kekayaannya kepada anakanak mereka. Dari jumlah tersebut dikenakan tagihan pajak paling sedikit US$ 550 juta. Nilai itu setara dengan tarif pajak sebesar 55%. Jumlah tersebut belum termasuk penghindaran pajak, yang memaksa Trumps membayar pajak sebesar US$ 52,2 juta.

Presiden Trump menolak memberikan komentar terkait laporan tersebut. Namun seorang pengacara Trump, Charles J Harder, memberikan pernyataan tertulis. ‚ÄúTidak ada penipuan atau penghindaran pajak oleh siapa pun. Fakta-fakta yang mendasari tuduhan-tuduhan palsu itu sangat tidak akurat. Presiden Trump hampir tidak memiliki keterlibatan apa pun dengan masalah ini,” katanya. Menurutnya, Trump telah mendelegasikan tugas-tugas itu kepada kerabat dan tim profesional pajak. Cara ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap hukum.

Isu lama

Sebenarnya, isu pajak dan Trump bukan cerita baru. Trump sempat menolak untuk membayar pajak penghasilannya ketika masa kampanye dan masa awal menjabat sebagai presiden. Sikap keras Trump justru memicu pertanyaan tentang jumlah dan sumber kekayaannya. Situasi ini pula yang mendorong mata-mata Rusia kian intensif melakukan penyelidikan.

Nah, laporan terbaru New York Times juga mengungkapkan tentang transaksi bisnis Trump baru-baru ini. Termasuk data-data pengembalian pajak rahasia dan catatan keuangannya.

Seorang ahli pajak menilai, manuver Trump termasuk bentuk penipuan. Trump telah memanfaatkan celah hukum, dengan mencegah IRS memajaki transfer kekayaan Trump kepada anak-anaknya.

Sumber : Ortax.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only