Rupiah melemah, persepsi risiko investasi Indonesia kembali meningkat

Pemerintah Wajibkan Penjual Online Bayar Pajak
October 11, 2018
Penerimaan Pajak UKM Masih Rendah
October 11, 2018

JAKARTA. Persepsi risiko Indonesia kembali meningkat di tengah tren pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Tekanan bertambah mengingat para investor masih dikhawatirkan pada kondisi fundamental ekonomi dalam negeri yang belum sepenuhnya aman.

Mengutip Bloombergcredit default swap (CDS) Indonesia tenor 5 tahun pada perdagangan Selasa (9/10) berada di level 147,31. Angka ini melonjak 13,21% dibandingkan posisi di akhir bulan lalu. Bahkan, kemarin CDS Indonesia tenor 5 tahun menyentuh posisi tertingginya sejak 5 September 2018 di level 148,64.

Faktor ini turut membuat investor asing khawatir untuk berinvestasi di Indonesia di saat ketidakpastian global masih menjadi hantu bagi pasar keuangan domestik dan negara emerging market lainnya. “Investor global lebih memilih mengamankan dananya ketika risiko suatu negara meningkat,” imbuh Desmon.

Kenaikan risiko investasi yang terjadi akhir-akhir ini terbukti mengurangi daya tarik pasar keuangan Indonesia. Di pasar obligasi pemerintah misalnya, sejak 3-5 Oktober investor asing berturut-turut mencatatkan net sell dengan total dana sebesar Rp 6,37 triliun menjadi Rp 849,79 triliun.

Pendapat serupa diutarakan ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Ahmad Mikail. Walau inflasi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih terbilang positif, persepsi risiko investasi Indonesia tetap saja meningkat. Sebab, investor asing belum melihat adanya upaya signifikan dari pemerintah untuk mengurangi defisit transaksi berjalan.

Kebijakan seperti kenaikan pajak penghasilan (PPh) impor yang diberlakukan sejak pertengahan September lalu kemungkinan baru akan terlihat dampaknya jelang akhir kuartal IV nanti. Sedangkan penerapan kebijakan B20 masih menemui hambatan di lapangan. “Implementasi kebijakan-kebijakan pengendalian impor pemerintah masih menimbulkan tanda tanya di kalangan investor asing,” terang Mikail.

Sumber : Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only