Abe Akan Menaikkan Pajak Penjualan

Ditjen Bea Cukai optimistis bisa capai target penerimaan
November 22, 2018
Sila Pilih: Bebas Pajak Bunga Deposito atau Sanksi Berat
November 22, 2018

TOKYO. Dewan Sistem Fiskal Jepang memberi masukan kepada Menteri Keuangan Jepang Taro Aso untuk mendesak pemerintah agar melanjutkan rencana kenaikan pajak penjualan pada Oktober 2019. Seperti mengutip Reuters kemarin, pemerintah diharapkan mengambil semua langkah yang dibutuhkan untuk menghindari penurunan ekonomi dan juga menghindari ekspansi fiskal.

Dasar proposal yang dibuat Dewan Sistem Fiskal itu terkait perdebatan tentang anggaran fiskal 2019 yang akan disusun oleh Departemen Keuangan Jepang pada Desember 2018. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah berjanji menaikkan pajak penjualan hingga 10% dari 8% pada Oktober 2019 seperti yang direncanakan sebelumnya. Pemerintah juga sedang mempertimbangkan langkah-langkah untuk mengurangi dampak dari kenaikan pajak, mulai dari keringanan pajak pembelian mobil dan pajak hipotek hingga voucer belanja untuk merangsang konsumsi.

Abe juga menginstruksikan Aso untuk menyusun anggaran tambahan kedua untuk memenuhi kebutuhan mendesak seperti meningkatkan infrastruktur untuk melindungi warga dari bencana, dan mendukung perusahaan kecil.

 

Sumber : Ortax.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only