China Pangkas Tarif Produk Pangan

Ada Pajak Dosa di Qatar
January 3, 2019
Dari Daur Ulang, Kresek Tak Layak Cukai
January 3, 2019

Langkah ini sebagai upaya pemenuhan komoditas di dalam negeri menghadapi musim hujan

BEIJING. China berencana menghapus tarif impor dan ekspor berbagai barang pada 2019. Penghapusan termasuk pajak impor untuk makanan alternatif pakan ternak. Hal ini bertujuan untuk mengamankan pasokan bahan baku di tengah ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat (AS) dan meningkatkan nilai ekspor.

Tarif yang dihapus termasuk makanan alternatif adalah lobak, tepus kapas, tepung bunga matahari, dan tepung kelapa sawit.”Berbagai tarif produk ini akan dihapus mulai 1 Januari 2019”, tulis Kementerian Keuangan dalam sebuah pernyataan di situs resmi pada hari Senin (24/12) seperti dikutip Reuters.

Perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) telah meresahkan pasar kedelai global setelah China benar-benar menghentikan semua impor kedelai AS setelah pengenaan tarif tambahan 25% pada bulan Juli lalu. Sementara China sudah memulai kembali pembelian kedelai AS, tarif minyak dari biji-bjian dari AS tetap berlaku.

Pada dasarnya Tiongkok sedang bersiap untuk musim hujan, karena pembelian komersial kedelai AS belum dimulai dan sejauh ini hanya perusahaan milik negara yang telah melakukan pemnbelian. “ Meskipun volume impor makanan alternatif tidak besar, itu dapat ,menggantikan kedelai,” kata Monica Tu, analis Shanghai JC Intelligence Co.Ltd.

Tarif Rendah

Amerika adalah pemasok kedelai terbesar kedua bagi China. Kedelai adalah komponen perdagangan dengan nilai US$ 12 miliar pada 2017.

China mengolah kedelai untuk dihancurkan menjadi makanan untuk pakan ternak dan minyak goreng. Negara ini memang memiliki peternakan babi terbesar di dunia.

Beijing sebelumnya mencari cara untuk mengurangi kadar protein dalam pakan ternak dan mengimpor lebih banyak makanan alternatif, untuk mengurangi ketergantungan kedelai milik AS.

Tarif impor untuk bahan beberapa barang farmasi juga akan dipotong menjadi 0%. Untuk meningkatkan impor secara keseluruhan, China juga mnegurangi jumlah barang yang dikenakan pajak pada daftar tarif impor sementara menjadi sedikit lebih dari 700 item dari lebih 900 item yang ada.

China juga mempertahankan tarifimpor relatif rendah mesin pesawat sekitar 1% untuk menumbuhkan industripembuatan pesawat lokal.

Sumber : Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only