Beragam Tantangan Pajak Tahun ini, Mulai Pemilu Hingga Turunnya Harga Komoditas

Ragam Jurus Dirjen Pajak Kejar Penerimaan Rp 1.578 T Tahun Ini
January 25, 2019
Emiten Hati-hati Soal Pajak, BEI Beri Akses Laporan Keuangan
January 25, 2019

Kementerian Keuangan menargetkan penerimaan pajak dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp 1.577,57 triliun. Angka ini meningkat 19,8 persen jika dibandingkan dengan penerimaan pajak tahun lalu.

Direktur Eksekutif Center of Indonesia Taxtion Analysis (CITA), Yustinus Prastowo, mengatakan tantangan penerimaan pajak tahun ini adalah adanya pesta demokrasi atau tahun politik. Tahun politik diperkirakan akan mempengaruhi aktivitas investasi.

“Secara umum tahun politik lah, karena aktivitas investasi akan stagnan. Kemungkinannya kan itu. Ini harus diantisipasi pemerintah,” ujar Prastowo kepada merdeka.com, Jakarta, Jumat (25/1).

Tantangan kedua penerimaan pajak ke depan adalah, terkait fluktuasi harga komoditas dan impor migas yang akan mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Di mana, tahun lalu impor migas turut mendorong penerimaan negara.

“Kedua, harga komoditas yang kemungkinan tidak sebaik tahun lalu. Harusnya kan kita tidak akan banyak impor, kabar baiknya kan itu. Namun juga impor migas berarti akan lebih rendah kan,” jelas Prastowo.

Lebih lanjut, Prastowo menambahkan, untuk memaksimalkan penerimaan pajak pemerintah perlu menumbuhkan industrialisasi yang selama ini belum optimal. Selain itu, evaluasi terhadap pemberian beberapa insentif kepada pengusaha juga perlu dilakukan.

“Sekarang kita harus punya roadmap untuk industrialisasi. Tantangan kita menumbuhkan industrialisasi termasuk bagaimana insentif pajak yang sudah diberikan sekarang dievaluasi dan diukur daya dukungnya seberapa besar ke ekonomi. Berkontribusi berapa banyak,” tandasnya.

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only