Kemenperin Ingin Baterai Mobil Listrik Dibuat di Indonesia

Gaikindo Minta Pajak Mobil Listrik Dipangkas supaya Harga Terjangkau
January 30, 2019
Strategi Pemerintah dalam Pengembangan Kendaraan Listrik
January 30, 2019

Jakarta: Hal terpenting dari semua unsur yang ada di mobil listrik adalah tenaga penggerak dan sumber tenaga yaitu baterai. Kementerian Perindustrian pun menargetkan agar produksi tenaga penggerak dan sumber tenaga dilakukan secara lokal atau diproduksi di Indonesia.

  Skema ini tentunya menjadi jawaban yang cukup penting, mengingat pemerintah sudah sepakat untuk mendorong pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Salah satu caranya adalah investasi material kendaraan listrik untuk mendukung produksi kendaraan yang rendah emisi ini.

 “Kami sudah sampaikan ke Korea, Jepang, dan beberapa investor lain. Kami mau material baterainya diproduksi di sini dan selanjutnya untuk memproduksi baterai di dalam negeri juga,” ujar Direktur Jenderal Industrli Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto di Jakarta, seperti yang dilansir dari Antara pada Selasa (29/1/2019).

Dalam mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia, Kemenperin menginisiasi beberapa strategi melalui insentif fiskal, salah satunya bertujuan untuk menarik investasi. Beberapa strategi tersebut di antaranya dukungan insentif fiskal berupa tax holiday dan atau mini tax holiday untuk industri komponen utama yaitu industri baterai, industri motor listrik  (Magnet dan Kumparan Motor) dan dukungan Tax Allowance bagi investasi baru maupun perluasan.

  Selain itu, usulan Income tax deductions sampai dengan 300 persen untuk industri yang melakukan aktifitas riset, pengembangan dan desain atau R&D.

  Kemudian, usulan Harmonisasi Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) melalui revisi PP Nomor 41 Tahun 2013 Tentang PPnBM Kendaraan Bermotor. Harjanto berharap, dengan datangnya investasi untuk mendukung produksi mobil listrik di indonesia, struktur industrinya turut terbangun.

  “Jadi, kita mau struktur industri untuk kendaraan listrik ini dalam. Artinya, bisa dibuat di dalam negeri.”

 Jadi saat regulasi kendaraan listrik nanti benar-benar sudah jadi, bisa jadi solusi mobilitas bagi masyarakat luas. Artinya dari sisi harga bisa ditekan jadi lebih terjangkau namun industri otomotif pun bisa tidak terlalu banyak beban.

Sumber : Medcom.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only