Perkuat Kepatuhan Perpajakan dan Kepabeanan, DJP dan DJBC Jalin Kerjasama Joint Program

Pajak Bikin Avtur Jadi Mahal?
February 15, 2019
Genjot Sektor Pariwisata, Ini Usulan Kebijakan dari Ekonom & Pengusaha
February 15, 2019

Kantor wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, serta kanwil Sumatera Barat dan Jambi melakukan kerjasama dalam nota koordinasi untuk penguatan sinergi pelaksanaan joint program.

Sinergi tersebut pun turut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)  Sumatera Bagian Timur,  yang bertempat di Aula KPP Pratama Bangka, Kamis, (14/2/2019).

Kepala Kantor Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Bangka Belitung,  Imam Arifin,  mengatakan penguatan joint Program tersebut merupakan penguatan reformasi yang menyasar aspek-aspek yang penting untuk dibenahi, seperti integritas pegawai, kepatuhan pengguna jasa, dan prosedur pelayanan dan pengawasan.

“Hal ini pun dalam rangka mendukung optimalisasi penerimaan Negara khususnya atas komoditi Timah, Batubara dan CPO beserta produk turunannya serta penyerahan Barang Kena Pajak ke Kawasan Berikat atau Kawasan Bebas (FTZ),” paparnya kepada awak media.

Tak hanya itu,  turut pula menopang kegiatan ekspor dan impor lainnya perlu dilakukan kegiatan joint-program berupa, Join Intelligence, joint  analysis, joint audit, joint collection, joint investigation, knowledge sharing dan secondment.

Menurutnya,  Joint Program ini dilakukan untuk memastikan para pelaku ekonomi yang melaksanakan kegiatan ekspor dan impor memenuhi semua kewajibannya kepada Negara seperti pembayaran pajak penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Ekspor (PE), termasuk juga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan iuran-iuran lainnya.

Nota kerjasama ini pun turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi (Aim Nursalim Saleh),  Kepala Kantor Kanwil DJBC Sumatera bagian Timur (M. Agus Rofiudin)  beserta jajaran masing-masing instansi tersebut. 

Sumber : Tribunnews.com


Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only