Penjelasan Kemenkeu Soal Laporan SPT Sri Mulyani Secara Manual

Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati diketahui memberikan penyampaian SPT Tahunan secara manual.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti pun memberikan penjelasan lengkap perihal ini.

Menurutnya, sebelum melakukan pengisian SPT Tahunan, pimpinannya itu melakukan pengumpulan data terkait penghasilan yang diperoleh selama tahun 2018.

Dalam proses pengumpulan data tersebut, dilakukan juga pengisian secara bertahap melalui e-form. Di mana e-form sendiri merupakan formulir SPT elektronik berbentuk file dengan ekstensi .xfdl yang pengisiannya dapat dilakukan secara offline (manual) menggunakan Aplikasi Form Viewer yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak.

“Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk WP yang memerlukan beberapa kali mengisi data karena adanya keterbatasan waktu,” kata Nurfansa seperti dikutip dari laman Facebooknya, Minggu (31/3/2019).

Kemudian setelah data e-form lengkap, Menteri Sri Mulyani pun melakukan penyampaian e-filingsecara online. Bukti penyampaian SPT Tahunan secara e-filing sebagaimana terlampir pada tanggal 22 Maret 2019.

Nurfansa memastikan Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak menyediakan berbagai saluran atau cara bagi Wajib Pajak untuk menyampaikan SPT. Berbagai saluran tersebut disediakan untuk memudahkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.

“Kementerian Keuangan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh Wajib Pajak yang sudah melaporkan SPT Tahunan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Sri Mulyani lebih memilih melapor SPT secara manual dengan mendatangi kantor pelayanan pajak. Padahal dirinya merupakan salah satu yang terus mengkampanyekan digitalisasi perpajakan ini.

“Saya manual, karena ada penyesuaian kemarin yang harus dilakukan, untuk beberapa hal,” ujar Sri Mulyani ditemui saat meninjau pelaporan SPT di KPP Tebet, Jakarta, Jumat (29/3).

Sumber : Liputan6.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only