Trump Ancam Meksiko Lewat Tarif

Menuju reformasi perpajakan jilid empat
April 11, 2019
Bea Cukai Pekanbaru Resmikan Fasilitas Kawasan Berikat Mandiri Pertama di Sumatera
April 11, 2019

Washington. Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (4/4) mengancam akan menaikkan tarif impor mobil dari Meksiko sebagai senjata baru untuk menghentikan imigran ilegal dan perdagangan narkoba. Ini merupakan peringatan terbarunya sabagai upaya untuk memperkuat keamanan perbatasan.

Trump akan kenakan tarif impor mobil 25% dari Meksiko.

Setelah mundur dari ancaman pekan ini untuk segera menutup perbatasan demi menghentikan arus imigran dari Amerika Tengah, Trump mengancam akan menaikkan tarif impor mobil menjadi 25% dari Meksiko untuk meningkatkan kemananan di perbatasan antara kedua negara tersebut.

“Sebelum menutup perbatasan, kami akan mengenakan tarif impor mobil. Saya tidak berpikir kita harus menutup perbatasan karena penalti tarif impor yang masuk dari Meksiko ke AS sebesar 25% akan sangat besar,” ujar Trump di Gedung Putih seperti dikutip dari Reuters.

Trump menjadikan penghentian migrasi ilegal dari Amerik Tengah sebagai salah satu janji kampanye saat pencalonannya sebagai salah satu janji kampanye saat pencalonannya sebagai presiden pada tahun 2016 silam. Kala itu, ia berjanji untuk membangun tembok perbatasan demi menghentikan imigran gelap.

“Banyak hal baik terjadi dengan Meksiko. Tapi Meksiko juga mengerti bahwa AS akan menutup perbatasan, atau saya akan mengenakan tarif impor mobil,” kata Trump.

Pejabat perbatasan AS memperkirakan ada sekitar 100.000 migran yang ditangkap atau ditemui di perbatasan pada bulan Maret lalu. Itu menjadi level tertinggi migran gelap yang diamankan dalam satu dekade terakhir ini. Sebagian besar imigran tersebut adalah keluarga dari Amerika Tengah yang tengah mencari suaka.

Sumber : Harian Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only