Walmart dan Amazon Beradu Strategi Promosi Gratis Ongkir

Washington. Dua raksasa ritel Walmart Inc dan Amazon berady strategi untuk memenangkan pasar di saat daya beli melemah. Salah satu strategi yang sedang dijalankan adalah program gratis biaya pengiriman dalam satu hari.

Yang lebih duluan mengambil jalan ini adalah Amazon. Pada April lalu, Amazon memberikan program gratis ongkir kirim untuk pembeli. Tidak mau kalah, Walmart seperti diberitakan Reuters juga mengambil jalan serupa. Tentu aksi dua raksasa ini akan mengintensifkan perlombaan untuk mengirimkan pesanan ke pembeli lebih cepat.

Tepatnya pada 25 April lalu, Amazon mengatakan pihaknya berencana untuk mengirimkan paket kepada anggota klub loyalitasnya Prime hanya dalam satu hari. Perusahaan mengestimasi bakal menghabiskan dana hingga US$ 800 juta untuk ongkos pengiriman di kuartal kedua saja.

Sementara penawaran dari Walmart berlaku untuk lebih sedikit produk. Sebanyak 220.000 item, yang paling sering dibeli, mulai deterjen hingga mainan dan elektronik termasuk dalam produk yang bisa dikirim dalam waktu satu hari. Pesanan harus bernilai setidaknya US$ 35 untuk memenuhi syarat.

Amazon pada bulan April sudah duluan dan langsung diikuti oleh Walmart.

Program dari Walmart untuk pembeli online di Phoenix dan Las Vegas dan Kalifornia Selatan dalam beberapa hari mendatang, kata kepala layanan e-commerce AS, Marc Lore, kepada Reuters.

Bebas biaya untuk pengiriman yang tiba dalam waktu satu hari menandai penyelamatan terbaru dalam pertarungan antara dua ritel yang secara konsisten mencoba untuk mengalahkan satu sama lain dalam segala bidang. Mulai kecepatan pengiriman pesanan secara online hingga meraih pangsa yang lebih besar dari pasar grosir.

Lore juga mengatakan kenaikan tarif impor barang China yang baru-baru ini berlaku di AS tidak akan mengurangi permintaan. Alasannya, Walmart mengambil sebagian besar produknya dari pemasok terbaik. Dan ia percaya barang-barang populer akan terus dibeli pembeli meskipun harganya naik.

Sumber : Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only