Sri Mulyani akui sulit jaga pertumbuhan ekonomi 5% bila perang dagang berlanjut

Perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China sempat memanas beberapa hari terakhir. Meski sudah kembali tenang, tapi belum ada kesepakatan apa pun di antara kedua negara ekonomi terbesar dunia tersebut. Karena itu, diprediksi perang dagang akan berlangsung lama.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya memprediksi kondisi ini akan berlangsung lama. “Situasi ini tidak akan reda dalam jangka pendek karena pola konfrontasi head to head. Sehingga untuk dua negara besar ini diplomasi menjadi lebih sulit,” jelas Sri Mulyani di kantor Kementerian ESDM, Rabu (15/5).

Situasi tersebut juga akan membayangi Indonesia dalam jangka panjang. Sehingga membuat Indonesia sulit menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5%. “Sinyal gambaran ekonomi dunia alami situasi tidak mudah dan Indonesia dalam hal ini jika ingin tetap menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5%,” ujar Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Pasalnya perang dagang akan membuat pertumbuhan ekonomi global menjadi rendah, inflasi tinggi dan perdagangan global melambat. Sehingga, Indonesia sulit menggantungkan ekspor sebagai mesin pertumbuhan ekonomi.

Kendati begitu, Indonesia bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri sendiri terutama untuk menopang kebutuhan industri manufaktur. Hanya saja ini juga akan mempengaruhi industri, karena keterbatasan ketersediaan.

Perlambatan impor pada data neraca dagang April 2019 juga sudah diwaspadai Sri Mulyani. Pasalnya secara tahunan impor yang turun terutama dibutuhkan oleh industri manufaktur. BPS mencatat bahan baku turun 6,28% yoy sedangkan barang modal turun 8,68% yoy.

Sumber : Kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only