Ekonomi Global Tertekan, Bagaimana Imbasnya ke RI?

Jakarta. Pelemahan ekonomi global mulai berdampak ke beberapa negara berkembang, termasuk Indonesia. Hal ini tercermin pada capaian penerimaan negara per Agustus 2019 yang tercatat hanya tumbuh 3,2% atau lebih rendah dari realisasi APBN 2018 pada periode yang sama yang tumbuh 18,4%.

Seluruh jenis pajak utama tercatat mengalami tekanan pada periode Januari-Agustus 2019. Terutama pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai (PPN) dalam negeri, dan PPN impor.

Lalu, bagaimana dampak langsungnya ke masyarakat?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dilihat dari penerimaan pajak PPh 21 yang diambil dari gaji dan upah karyawan, masih terjadi pertumbuhan yang cukup tinggi. Menurutnya, hal ini menunjukkan dampak ekonomi global tak cukup berpengaruh ke pendapatan masyarakat secara langsung.

“Kalau dilihat dari PPh 21, kita masih lihat pertumbuhan cukup tinggi. Artinya pelemahan ekonomi belum menimbulkan tekanan ke karyawan. Karena PPh 21 masih tumbuh double digit,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Auditorium Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Pertumbuhan PPh 21 periode Januari-Agustus 2019 tercatat tumbuh 10,6%. Meski masih tumbuh double digit, namun angka pertumbuhannya masih lebih rendah dibanding 2018 yang sebesar 16,4%.

Penerimaan pajak jenis PPh orang pribadi juga tumbuh positif sebesar 15,4%. Hal ini menambah sentimen positif masih normalnya aktivitas ekonomi di masyarakat.

“Ini menggambarkan upaya DJP (Direktorat Jenderal Pajak) pasca tax amnesty untuk melakukan ekspansi tax base berjalan baik,” kata Sri Mulyani.

Namun demikian, penerimaan pajak jenis PPh 22 impor dan PPh badan tercatat tumbuh sangat kecil. Bahkan PPh 26, PPN DN, dan PPN impor mencatatkan pertumbuhan yang negatif.

“Dari sisi ini, pertumbuhan pajak kita menunjukkan adanya tekanan yang mulai berdampak ke kegiatan usaha dalam negeri,” kata Sri Mulyani.

Sumber : detik.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only