Pedenya Bank Dunia Sebut Ekonomi RI Membaik di 2020

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan bisa mencapai 5,1% pada 2020. Hal itu sejalan dengan menurunnya ketegangan perdagangan internasional dan ketidakpastian politik dalam negeri.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan sebesar 5% pada 2019 dan naik menjadi 5,1% pada 2020,” jelas Frederico Gil Sander, Ekonom Bank Dunia di Energy Building, Rabu (11/12/2019).

Pada 2020, pulihnya nilai investasi dan upah pekerja, pertumbuhan konsumsi swasta diproyeksikan secara umum akan stabil.

Sementara inflasi pada 2020 diperkirakan akan lebih tinggi karena adanya penghapusan subsidi yang lebih tinggi karena adanya penghapusan subsidi tarif listrik untuk sejumlah rumah tangga.

“Pertumbuhan konsumsi pemerintah juga diperkirakan relatif konservatif mengingat penerimaan yang rendah karena harga komoditas yang melemah dan nilai impor yang kurang bagus. Meskipun reformasi pajak sedang berlangsung,” ujarnya.

Di tengah ketidakpastian kebijakan global dan pemulihan yang tidak signifikan dalam perdagangan global dan pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekspor Indonesia diperkirakan akan terpengaruh.

Impor diproyeksikan akan melemah, dengan kontraksi yang ada diperkirakan akan berkurang secara bertahap, mengikuti pola pemulihan yang terjadi dalam pertumbuhan investasi.

“Defisit transaksi berjalan diperkirakan akan menyempit dalam waktu dekat dari 2,7% dari PDB pada tahun 2019 menjadi 2,6% dari PDB pada tahun 2020,” jelas Federico.

Sumber : CNBC Indonesia

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only