Apa Peluang Untuk Peserta Kartu Prakerja Saat Industri Terpuruk Akibat Covid-19?

Pemerintah meminta peserta kartu prakerja untuk tidak khawatir tidak mendapat pekerjaan usai melakukan pelatihan. Pemerintah bakal mendorong peserta prakerja memasuki sektor industri yang mampu bertahan melewati pandemi corona.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan akan ada sektor yang bakal menjadi ‘pemenang’ saat pandemi corona. Sektor tersebut diantara farmasi, tekstil pembuat alat pelindung diri (APD) dan masker, makanan minuman, kesehatan, serta digital.

“Kita melihat ada sektor yang menjadi pemenang dan terdampak covid. Kita berharap ini kita dorong peserta yang telah mendapatkan skill baru ini memasuki sektor tersebut sebagai awal,”ujar Menko Airlangga dalam wawancara untuk Grup Emtek yang ditayangkan di Vidio.com, Sabtu (18/4).

Selanjutnya, pemerintah meyakinkan dunia usaha akan segera mulai berangsur pulih sesaat seusai corona berakhir. Sebab, pemerintah juga telah memberikan sejumlah insentif untuk meredam dampak penurunan kinerja selama corona.

“Kita dorong recovery ekonomi melalui reformasi struktural diantaranya insentif fiskal seperti insentif pajak. Ini akan memicu dunia usaha bertahan dan tetap bekerja dan menyesuaikan. Banyak yang memprediksi recovery ekonomi mulai berjalan di 2021.”

Sumber : Merdeka.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only