Sri Mulyani Setujui Pinjaman ke Daerah untuk Bantu Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi

JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, telah melakukan penyediaan fasilitas Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi Pemerintah Daerah sebesar Rp 10 triliun melalui penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) tentang pinjaman PEN.

“Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat merupakan Pemda pertama yang memanfaatkan pinjaman PEN daerah ini,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, Senin (27/7/2020).

Dia mengatakan, perjanjian tersebut sebagai bentuk dukungan atas usulan kebutuhan pembiayaan penanganan Covid-19 dan pemulihan kegiatan ekonomi di DKI sebesar Rp 12,5 triliun dan Jawa Barat sebesar Rp 4 triliun.

Untuk DKI Jakarta, lanjutnya, mengajukan usulan pinjaman yaitu sebesar Rp 4,5 triliun untuk tahun 2020 dan Rp 8 triliun tahun 2021.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang terkendala dana, utamanya sektor pelayanan air minum, pengendalian banjir, pengolahan sampah, transportasi, pariwisata, dan olah raga.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajukan pinjaman sebesar Rp 1,9 triliun untuk tahun 2020 dan Rp 2,09 triliun tahun 2021.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur seperti infrastruktur sosial, infrastruktur logistik, perumahan MBR, penataan kawasan khusus, dan infrastruktur lingkungan

Selain itu, Sri Mulyani menambahkan, PT SMI juga melakukan studi analisa terhadap ekonomi daerah mengenai sektor-sektor terpengaruh negatif dari Covid-19 dan yang berpotensi tumbuh yang dapat digunakan kepala daerah untuk melakukan transformasi ekonomi daerah.

“Kami di Kementerian Keuangan akan menggunakan instrumen keuangan negara dari sisi penerimaan yaitu pajak, bea cukai, PNBP. Tidak hanya dari sisi penerimaan, tapi justru kita mendesain pajak, bea cukai untuk memberi insentif bagi dunia usaha agar mereka bisa diringankan bebannya, mempunyai daya tahan dan bisa pulih kembali,” pungkasnya.

Sumber : Tribunnews.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only