Indonesia Kini Punya Fasilitas Digital Motorsport

JAKARTA, – Di tengah pandemi Covid-19 dan keterbatasan fasilitas sirkuit, Indonesia mengembangkan Digital Motorsport. Kecanggihan setting perangkat digital ini akan membuat para pengendara merasakan berkendara hampir sama seperti balapan riil.

Ketum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa mengatakan, pihaknya segera menyampaikan kepada federasi olahraga otomotif internasional (FIA), Indonesia kini sudah mempunyai fasilitas Digital Motorsport.

“Ini akan berkembang cepat, banyak yang akan segera bergabung. Baru mulai sedikit share saja sudah banyak yang bertanya ke saya. Digital Motorsport ini merupakan fasilitas di tengah keterbatasan sirkuit di Indonesia, dan bisa menjadi model bisnis ke depan,” ujar Sadikin dalam keterangan pers dilansir Minggu (30/8/2020).

Kepala Akademi Digital Motorsport Indonesia (ADMI), Tengku Irvan Bahran optimistis ADMI akan segera menjadi pusat fasilitas pengembangan Digital Motorsport di Indonesia. “Selain membantu meningkatkan prestasi para pembalap riil maupun pembalap virtual, akademi ini juga akan mendorong percepatan industrialsiasi pada olahraga otomotif,” katanya.

Sebagai informasi, perjanjian Kerja sama Operasional (KSO) Akademi Digital Motorsport Indonesia (ADMI) secara resmi ditandatangani di Kantor LPDUK Jalan Radio I Nomor 13 Jakarta Selatan, Jumat (28/8/2020). Melalui kesepakatan ini, ADMI yang merupakan kolaborasi antara Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora dengan Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), tak lama lagi akan beroperasi.

Penandatangan KSO dilakukan Direktur LPDUK Agus Hardja Santana dengan Tengku Irvan Bahran yang menjadi Kepala ADMI berdasarkan Keputusan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Pusat Nomor 077/IMI/KEP/A/III/2020 tentang Penunjukan Personalia Pengelola Indonesia Digital Motorsport Academy.

KSO ADMI merupakan tindaklanjut dari Nota Kesepahaman antara LPDUK dengan PP IMI tentang Pengelolaan Dana dan Usaha Keolahragaan yang telah ditandatangani akhir tahun lalu. Kedua belah pihak menilai Digital Motorsport sangat potensial untuk dikembangkan baik sebagai tempat latihan bagi para pembalap riil maupun pembalap virtual, juga untuk menggelar event-event digital motorsport yang sedang berkembang.

“Dalam KSO ini, LPDUK Kemenpora sebagai pemilik tempat beserta seluruh fasilitas yang ada pada akademi menunjuk pengelola yang diputuskan oleh PP IMI untuk melakukan operasional dan bertanggungjawab atas akademi. Mudah-mudahan ADMI bisa berkembang pesat, menghadirkan layanan yang bermanfaat dan memberikan kontibusi pada pendapatan negara bukan pajak (PNBP),” ujar Direktur LPDUK, Agus Hardja Santana.

KSO yang ditandatangani meliputi Pengelolaan serta perawatan semua sarana dan prasarana ADMI yang dimiliki LPDUK sehingga memiliki nilai ekonomis. Juga menjadi sarana penyelenggaraan kegiatan (Event) Digital Motorsport baik yang berskala Lokal, Nasional maupun Internasional.

Selain itu, ADMI juga bisa menjadi wadah para pembalap-pembalap otomotif, sekaligus pusat pelatihan bagi atlet maupun pembalap-pembalap virtual yang dilakukan pembinaan. Kemudian menyediakan pelayanan pelatihan olahraga lainnya yang masih terkait dengan kegiatan Digital Motorsport.

Sumber : iNews.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only