Hasil Tabungan Bank Sudah Negative Spread

JAKARTA. Tren penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7-day reverse repo rate (7DRR) menyebabkan suku bungan simpanan bank semakin mungil. Sejumlah bank besar di Indonesia kini rata-rata cuma menawarkan bunga tabungan di kisaran 2% per tahun.

Namun, hasil bunga itu belum terpangkas berbagai biaya. Ada potongan pajak penghasilan (PPh) sebesar 20%. Sehingga bunga bersih tinggal 1,6%.

Dikurangkan inflasi yang mencapai 1,54% per Juli 2020 (year on year), bunga bersih yang didapat cuma 0,06% per tahun. Nyaris “balik modal”.

Tapi itu belum termasuk jika ada biaya administrasi per bulan. Belum lagi ada biaya transfer antarbank. Bisa jadi menyimpan uang di tabungan Bank malah minus.

Menyadari duit nasabah kecil berkurang jika menaruh uang ditabungan, bank mencoba memberi berbagai kemudahan dan program.

Bank BNI misalnya memiliki layanan pembukaan rekening via mobile banking tanpa harus ke kantor cabang. Direktur Bisnis Konsumer Bank BNI, Corina Leyla Karnalies menuturkan bagi nasabah baru ada promo diskon belanja secara daring hingga 75%. “Per tanggal 7 September 2020 rekening BNI sudah bisa dibuka melalui Blibli,” ujarnya, Jumat (4/9).

Pengembangan mobile banking menjadi fokus bank berlogo angka 46 itu. Tidak cuma dari layanan tingkat keamanan pun diperketat. Mobile banking BNI saat ini sudah dilengkapi fitur face recognition dan biometrik untuk masuk ke aplikasi.

Saat ini total pengguna mobile banking BNI mencapai 5,92 juta per semester I 2020, meningkat 56,5% secara year on year (yoy). Khusus rekening tabungan saat ini nilainya sudah sebesar Rp 223,67 triliun, meningkat 18,4% secara tahunan (yoy).

Bank lain juga mencoba memberikan kompensasi kemudahan di balik mininya bunga tabungan. Bank CIMB Niaga punya aplikasi mobile banking bertajuk Octo Mobile. Tabungan CIMB Niaga juga bisa dibuka melalui aplikasi ataupun secara daring.

Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, saat ini jumlah nasabah CIMB Niaga sekitar 6,5 juta. “Pertumbuhan tabungan banyak kami dorong dari kelengkapan fasilitas transaksi, baik transfer, pembelian, pembayaran lewat aplikasi Octo Mobile,” kata Lani, Jumat (4/9).

CIMB Niaga menawarkan pulsa gratis bagi nasabah yang membuka rekening on account hingga potongan berbelanja baik online ataupun offline untuk menarik nasabah.

Bank Central Asia (BCA) juga tak mau ketinggalan mengakuisisi nasabah baru. Bank Swasta terbesar di Indonesia itu telah memiliki layanan pembukaan rekening secara daring melalui BCA Mobile. Direktur BCA per Juni 2020 mengelola dana tabungan sebesar Rp 380,95 triliun, meningkat 12,8% secara yoy.

Menurut Perencana Keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto, menempatkan dana di tabungan memang bukan mencari untung. Bagi masyarakat perkotaan, dana di tabungan untuk memenuhi kebutuhan transaksi harian. Juga menempatkan dana cadangan yang bersifat likuid. “Pembukaan rekening sebaiknya dilakukan sesuai kebutuhan masing-masing nasabah,” ujar Eko.

Sumber: Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only