Diperpanjang hingga Akhir Tahun Ini, Bunga KUR 0 Persen Dinikmati 7,9 Juta Debitur

JAKARTA, – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor prioritas dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN). Salah satu programnya pelaku UMKM memperoleh subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menilai, program ini kemungkinan dilanjutkan hingga akhir tahun ini. Hingga 15 September 2020, subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR) menyasar 7,9 juta debitur dengan baki debet Rp189,82 triliun.

“Jika semua lancar, pemerintah berencana memperpanjang masa subsidi bunga KUR ini (hingga akhir tahun),” ucap Iskandar di Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Subsidi bunga KUR merupakan salah satu dari sejumlah program PEN. Selain itu, ada juga insentif pajak UMKM, restrukturisasi kredit UMKM, hingga bantuan presiden (banpres) produktif.

Insentif untuk UMKM, kata dia, diberikan bersamaan dengan insentif untuk korporasi mulai dari pembebasan pajak hingga diskon iuran BP Jamsostek.

Polisi memaparkan perkembangan penyidikan kasus ujaran kebencian, makar, dan kepemilikan senjata api, Selasa (11/6/2019) di Kantor Kemenko Polhukam.

“Kenapa korporasi juga diberikan bantuan? Ini juga merupakan salah satu upaya kami untuk menumbuhkan demand, karena UMKM tentunya juga butuh demand di masa pandemi seperti ini,” ucapnya.

Sumber : inews.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only