Program Baru Demi Genjot Realisasi PEN Bisa 100%

JAKARTA. Meski tersisa tiga bulan, pemerintah masih optimistis bisa merealisasikan seluruh anggaran di program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Padahal, realisasi program PEN hingga 28 September 2020 baru mencapai 43,8% atau Rp 390,58 triliun dari pagu Rp 695,2 triliun.

Staf Khusus Kementerian Keuangan Yustinus Prasatowo menjelaskan, hampir seluruh pagu anggaran untuk program PEN sudah memiliki daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) masing-masing. “Jadi tinggal dieksekusi saja semua belanjanya untuk penyaluan PEN,” jelas Yustinus saat dihubungi, Minggu (4/10).

Bahkan, Yustinus juga optimistis penyaluran stimulus PEN tersebut bisa segera diselesaikan atau dapat mencapai 100% hingga akhir tahun ini. Sebab, pemerintah melakukan relaksasi terhadap cadangan anggaran yang belum terpakai untuk mengcover skema dan usulan atas program baru yang dibutuhkan. Misalnya usulan relaksasi pajak kendaraan mobil baru 0%.

Wacana stimulus ini dilakukan dengan harapan mampu menggerakan industri otomotif yang terpukul akibat pandemi Covid-19. Usulan lainnya yang tengah dibahas adalah dukungan di sektor ritel.

Sumber: Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only