Dow Jones melonjak 400 poin, Wall Street bersiap untuk pemilu AS

NEW YORK. Wall Street ditutup naik pada perdagangan hari pertama November, Senin (2/11). Pasar pulih dari penurunan tajam pekan lalu dan bersiap untuk pemilihan presiden Amerika Serikat (AS).

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average ditutup 423,45 poin lebih tinggi atau 0,6% pada 26.925,05. Indeks S&P 500 naik 1,2% untuk mengakhiri pada level 3.310,24. Indeks Nasdaq Composite naik 0,4% menjadi 10.957,61.

Pekan lalu, ketiga indeks acuan ini mencatat penurunan mingguan terbesar sejak Maret dan pekan ini pelaku pasar sebagian besar mengharapkan volatilitas jangka pendek serta kemungkinan perubahan kebijakan jangka panjang yang terkait dengan pajak, pengeluaran pemerintah, perdagangan dan regulasi.

Jim Cramer dari CNBC mengatakan kenaikan hari Senin untuk Dow dan S&P 500 mungkin didorong oleh meredanya kekhawatiran atas hasil pemilu.

“Jika Anda benar-benar berpikir pendek, Anda benar-benar bertaruh bahwa semuanya pasti salah pada saat ini,” kata Cramer di CNBC “Squawk on the Street.” “[Pasar] benar-benar oversold minggu lalu dan sangat mungkin kami memilih seseorang besok.”

Menjelang pemilihan hari Selasa, Joe Biden unggul dalam jejak pendapat nasional atas Presiden Donald Trump. Mantan wakil presiden itu mengumpulkan 52% dukungan dari pemilih terdaftar versus 42% untuk presiden, menurut jajak pendapat NBC News / Wall Street Journal dari hari Minggu

Pemilihan Senat juga bisa menjadi penting untuk pasar karena banyak perubahan kebijakan utama termasuk stimulus fiskal bergantung pada siapa yang memegang kendali mayoritas.

“Dunia sebagian besar masih dalam pola bertahan karena investor menunggu kejelasan tentang pemilihan AS,” Adam Crisafulli, pendiri Vital Knowledge, mengatakan dalam sebuah catatan.

“Dunia kemungkinan akan menjadi jauh lebih jelas hanya dalam beberapa hari berkat berakhirnya pemilihan, pembicaraan stimulus dilanjutkan di Washington, [dan] dukungan bank sentral lebih lanjut.”

Honeywell dan Walgreens Boots Alliance adalah saham Dow berkinerja terbaik pada hari Senin, masing-masing naik lebih dari 5%. S&P 500 dipimpin lebih tinggi oleh keuntungan di sektor energi, material dan industri.

Sektor Energi dan material masing-masing naik setidaknya 3,4% dan industri meletus 2,7%. Big Tech, sementara itu, berjuang karena Facebook dan Amazon masing-masing turun 0,7% dan 1%.

Investor bertaruh pada potensi kemenangan Biden meningkatkan posisi di saham tenaga surya. The Invesco Solar ETF (TAN) naik 3,2%.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Sumber : Kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only