Realisasi Pajak Tahun 2021 Menurun, Hanya Empat Sektor Capai Target

BANGKA – Pihak Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Bangka Tengah (Bateng) mencatat realisasi pajak sepanjang Tahun 2021 di wilayah ini terjadi penurunan dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. 

Kepala Bidang Penagihan dan Pengawasan (BPPRD) Bangka Tengah, Gunawan mewakili Kepala Dinas BPPRD Bateng, Wiwik Susanti menyatakan, ada tiga sektor pajak di wilayahnya yang mencapai target 100 persen.

Yakni pajak penerangan jalan dengan capaian Rp12,5 miliar atau realisasi 113 persen, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) realisasi 117 persen dan pajak sarang burung walet capaian Rp38 juta atau realisasi 110 persen.

“Kita ketahui kondisi Pandemi Covid-19 ini memang pendapatan sektor pajak kita menurun dibandingkan tahun sebelumnya, akan tetapi tidak begitu signifikan. Di mana untuk pajak rumah penginapan dan sejenisnya, pajak penerang jalan, pajak BPHTP dan pajak sarang burung walet ini melibihi target,” ujar Gunawan.

Kata Gunawan, ada tiga sektor pajak yang terdampak selama Pandemi Covid-19 dan mengalami penurunan drastis pada Tahun 2021, yakni pajak parkir, pajak hotel dan pajak restoran. 

“Memang dari sekian banyak target, pajak parkir, pajak hotel dan restoran ini menurun drastis dari tahun sebelumnya dikarena memang operasi yang terganggu selama pandemi baik itu aktivitas bandara yang menjadi penghasilan pajak terbesar kita. Dan kita juga melakukan sedikit pelonggaran untuk pajak hotel dan restoran mengingat meng jumlah pengunjung yang berkurang situasi Pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara itu dalam rangka meminimalisir kecurangan penghitungan pajak dan keterbukaan pajak rumah makan atau hotel untuk Pajak Hotel dan Restoran (PHR), pihaknya sudah memasang tapping box.

“Langkah-langkah untuk memaksimalkan pajak di Tahun 2022 kita sudah pasang alat tapping box, yang mana alat ini dipasang di restoran, hotel dan tempat lainnya guna untuk merekam catatan transaksi. Sehingga lebih terbuka,” tegasnya.

Lebih lanjut guna meningkatkan realisasi pajak pada Tahun 2022, BPPRD terus berupaya melakukan berbagai inovasi dalam mengajak instansi terkait atau masyarakat agar sadar akan wajib pajak.

“Kita optimis 2022 ini realisasi pendapatan pajak kita bisa meningkat dengan harapan pandemi ini akan segera  berakhir, sehingga pendapatan pajak bisa kembali normal,” ujarnya.

Sumber : Tribunnews.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only