Tawarkan Insentif Pajak, Gubernur Ajak Warga Beli Kendaraan Listrik

DENPASAR – Gubernur Bali Wayan Koster mengajak pegawai Pemprov Bali, pegawai PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, hingga pelajar untuk dapat menjadi contoh penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Koster menyebut Pemprov Bali telah menyediakan insentif pajak kepada pemilik kendaraan bermotor listrik. Menurutnya, langkah tersebut diambil untuk mengakselerasi penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Bali.

“Dari segi perpajakan, tarif BBNKB yang seharusnya 10% kini menjadi 1,5 %. Lalu, pajak kendaraan bermotornya juga lebih rendah, plus BPD Bali telah memberikan bunga pinjaman yang rendah,” katanya, dikutip pada Minggu (29/5/2022).

Pemprov Bali, lanjut Koster, telah mengatur berbagai strategi penggunaan energi bersih, termasuk anjuran penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai, melalui Peraturan Gubernur Bali No.45/2019 tentang Bali Energi Bersih.

Bali menjadi satu-satunya provinsi yang memiliki kebijakan energi bersih dan energi baru terbarukan, serta penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Hal ini menjadi penanda Bali tengah memasuki era baru dalam mewujudkan Bali Energi Bersih.

Menurut Koster, regulasi hingga pemberian fasilitas pajak ini diharapkan bisa menjaga kelestarian alam Bali beserta dengan isinya. Dia juga bersyukur pembangunan Bali yang dicanangkannya dengan mewujudkan alam Bali bersih ternyata menjadi tema KTT G20.

“Jadi Bali sudah melangkah melewati kata transisi melalui regulasinya. Sekarang tinggal ditancap lagi progresnya agar Bali bisa full menggunakan kendaraan listrik. Harapan saya, jika benar terjadi maka Bali akan keren sekali dan udara Bali lebih bersih,” tuturnya.

Koster menambahkan kendaraan motor listrik berbasis baterai sangat ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara dan polusi suara. Dia juga menilai kendaraan listrik lebih hemat karena tidak menggunakan BBM hingga oli serta dapat memperoleh fasilitas pajak.

“Untuk jangka waktu 5 tahun, jika dihitung-hitung kendaraan motor listrik ini akan jauh lebih murah operasionalnya,” jelas Koster, seperti dilansir wartabalionline.com.

Sumber : DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only