PPS Segera Berakhir, DJP Makin Gencar Sosialisasi ke Wajib Pajak

JAKARTA – Ditjen Pajak (DJP) terus menggencarkan sosialisasi untuk mengajak wajib pajak segera mengikuti program pengungkapan sukarela (PPS).

Dirjen Pajak Suryo Utomo mengatakan masa berlaku PSS tinggal beberapa hari. Untuk itu, DJP terus berupaya untuk mengenalkan program tersebut kepada wajib pajak sehingga makin banyak yang tertarik untuk memanfaatkannya.

“Beberapa usaha dan upaya yang kami lakukan di antaranya kami terus menjangkau masyarakat wajib pajak dan juga kami melakukan terus sosialisasi,” katanya dalam konferensi pers APBN Kita, dikutip pada Jumat (24/6/2022).

Suryo menuturkan DJP terus menggaungkan PPS di tempat-tempat publik. Dalam hal ini, instansi unit vertikal DJP membuka booth PPS di sejumlah area keramaian seperti car free day (CFD) dan pusat perbelanjaan.

Wajib pajak dapat mengunjungi booth tersebut untuk melakukan konsultasi PPS atau bahkan mengisi Surat Pemberitahuan Pengungkapan Harta (SPPH) dengan dipandu petugas.

Dirjen pajak berharap strategi yang dilakukan dapat efektif mendorong wajib pajak mengikuti PPS. Berdasarkan data DJP, tren peserta PPS terlihat mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Hingga 24 Juni 2022, sebanyak 130.498 wajib pajak telah mengikuti PPS dengan harta bersih yang diungkap senilai Rp303,82 triliun. Setoran pajak penghasilan (PPh) final yang dibayarkan wajib pajak peserta PPS telah menembus Rp30,5 triliun.

“Kami sangat mengharapkan di sisa waktu ini masyarakat lebih tertarik untuk menggunakan PPS sebelum batas waktu berakhir,” ujar Suryo.

Pemerintah menyelenggarakan PPS pada 1 Januari hingga 30 Juni 2022 berdasarkan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). PPS dapat diikuti wajib pajak orang pribadi dan badan peserta tax amnesty dengan basis aset per 31 Desember 2015 yang belum diungkapkan.

Selain itu, program tersebut juga dapat diikuti wajib pajak orang pribadi yang belum mengikuti tax amnesty dengan basis aset perolehan 2016-2020 yang belum dilaporkan dalam SPT tahunan 2020. 

Sumber : DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only