Berlaku Hingga 31 Agustus! Gubernur Imbau Warga Ikut Pemutihan Pajak

DENPASAR – Gubernur Bali Wayan Koster mengimbau masyarakat untuk segera memanfaatkan program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor.

Koster mengatakan program pemutihan denda diberikan untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, pajak dari masyarakat juga penting untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah.

“Saya harap masyarakat memanfaatkan kesempatan baik ini untuk melaksanakan kewajiban sebagai pemilik kendaraan sekaligus ikut membantu upaya pemprov dalam rangka memulihkan ekonomi,” katanya, dikutip pada Rabu (29/6/2022).

Program penghapusan denda diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No. 14/2022. Dalam pergub tersebut, program pemutihan pajak kendaraan bermotor diselenggarakan sejak 4 April 2022 hingga 31 Agustus 2022.

Selain itu, ada pula insentif gratis bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) II walaupun telah berakhir pada 3 Juni lalu.

Koster menambahkan pemprov terus berupaya meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Strategi yang dilakukan di antaranya melayani pembayaran pajak secara lebih dekat dengan masyarakat seperti Samsat keliling dan Samsat drive thru.

Gubernur mengaku dirinya juga rutin mengunjungi kantor-kantor Samsat yang tersebar di berbagai kabupaten/kota guna melihat pelaksanaan atau pelayanan pajak kendaraan bermotor dan pemanfaatan program pemutihan pajak.

Hingga 24 Juni 2022, realisasi setoran pajak kendaraan bermotor sudah mencapai Rp22,88 miliar atau 52,08% dari target Rp43,94 miliar. Sementara itu, untuk BBNKB, realisasi setorannya sudah Rp12,37 miliar atau 41,56% dari target 29,78 miliar.

Sementara itu, Kepala UPTD PPRD Provinsi Bali di Kabupaten Jembrana I Wayan Sukendra menjelaskan Samsat saat ini sedang mengoptimalkan layanan door to door bekerja sama dengan BUMDes dan lembaga perkreditan desa (LPD).

Dia juga berencana menambah sepeda motor operasional untuk mendukung layanan door to door. “Nanti ada 12 motor, sesuai dengan jumlah tim yang ada. Semoga, target-target yang ditetapkan bisa tercapai 100% sebelum akhir tahun,” ujarnya seperti dilansir nusabali.com.

Sumber : DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only