Inflasi di Negara Ini Mereda Berkat Insentif Pajak BBM

BRASILIA, Seiring dengan diberlakukannya insentif pajak atas bahan bakar minyak (BBM), lonjakan inflasi yang terjadi di Brasil kini mulai mereda. Kondisi ini ditunjukkan dari indeks harga konsumen yang makin menurun.

Brazilian Institute of Geography and Statistics (IBGE) menyebutkan pemberian insentif pajak BBM membuat harga BBM lebih rendah. Penurunan harga BBM rupanya berhasil menekan inflasi yang terjadi di negara tersebut.

“Harga konsumen di Brasil turun hingga pertengahan Agustus berkat harga bahan bakar yang lebih rendah karena pemotongan pajak,” kata salah seorang anggota IBGE seperti dilansir foxbusiness.com, Minggu (28/8/2022).

Pada Oktober 2021, Presiden Brasil Jair Bolsonaro sempat menyebut harga BBM yang lebih rendah merupakan kunci untuk proses pemulihan ekonomi. Berikutnya, pendapat tersebut diwujudkan secara nyata sebagai kebijakan yang diberlakukan dengan insentif pajak atas BBM.

Langkah tersebut ternyata sukses menekan inflasi yang terjadi di Brasil. Pada Agustus 2022, indeks harga konsumen secara nasional di Brasil berhasil mengalami penurunan hingga menyentuh angka 0,73%.

Angka tersebut merupakan tingkat penurunan terendah yang tercatat sejak pengukuran inflasi sejak November 1991. Seorang ekonom mengestimasi akan adanya penurunan yang lebih besar lagi dengan perkiraan mencapai 0,81%.

Untuk diketahui, IBGE melaporkan biaya transportasi turun 5,24% karena harga bensin dan etanol yang lebih rendah. Namun, sebagian angka ini masih perlu diimbangi oleh kenaikan 1,12% pada biaya makanan dan minuman karena melonjaknya harga susu.

Sementara itu, Kepala Bank Sentral Roberto Campos Neto memperkirakan inflasi mencapai 6,5% pada akhir 2022. Namun, ia mengingatkan kondisi ini dapat berbanding terbalik pada 2023 menyusul berakhirnya beberapa insentif pajak pada Desember 2022.

Sumber: DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only