Pemerintah Mendorong Komit Mendorong Industri dan UMKM

Jakarta – Komitmen Pemerintah dalam memberikan dukungan kepada industri dan UMKM todaklah main-main. Hal ini terlihat dalam berbagai insentif fiskal dalam upaya pengembangkan industri manufaktur, peningkatan investasi, dan penyerapan tenaga kerja serta pertumbuhan ekonomi.

Menteri Koordinator Perekonomian mengakui bahwa pemberian insentif fiskal diberikan dalam bentuk Tax Holiday, Tax Allowance, Investment Allowance, dan Super Deduction Tax baik untuk kegiatan Vokasi dan Litbang. Secara khusus untuk tax holiday, hingga 2 Desember 2019 telah disetujui pengajuan tax holiday terhadap 60 wajib pajak (WP) dengan nilai rencana investasi mencapai Rp1.045 Triliun dengan total penyerapan tenaga kerja sebanyak 45.723.

Sementara itu, dukungan pemerintah kepada UMKM dilakukan diantaranya melalui pemberian fasilitas pembiayaan. Fasilitas pembiayaan yang diterima UMKM sudah sepatutnya disesuaikan dengan kondisi keuangan penerima, apakah sudah bankable atau belum.

Program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) dari BUMN dan dana CSR dari perusahaan swasta dapat dimanfaatkan untuk penerima yang masih un-bankable. Bentuk pembiayaan ini akan terus disesuaikan seiring kemajuan usaha hingga pada akhirnya usaha tersebut hanya layak diberikan pembiayaan komersial.

“Sementara itu, langkah pemerintah dalam upaya memperbaiki neraca perdagangan dan pembayaran dilakukan melalui beberapa langkah, antara lain implementasi mandatori B30, gasifikasi batubara, penguatan Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), pembangunan Smelter untuk hilirisasi produk tambang. Kemudian, Green Refinary Plaju Sumatera Selatan, dan terakhir kebijakan Bea Masuk Tindakan Pengamanan Sementara (BMTPS),” papar Airlangga.

Seperti diketahui, lanjut Airlangga “saat ini pemerintah sedang menyusun Daftar Prioritas Investasi (DPI) yang merupakan bagian dari merelaksasi bidang usaha yang diatur dalam Daftar Negatif Investasi. Hal ini bertujuan untuk menarik investor untuk berinvestasi di Indonesia sehingga tercipta lapangan pekerjaan baru.”

Disisi lain, Airlangga mengakui bahwa pihaknya juga berupaya memperkuat sinergi dan komunikasi dengan pihak akademisi. Pemerintah membutuhkan peran pemangku kepentingan ini dalam bentuk kritik dan saran terhadap suatu rumusan kebijakan. Kampus juga diharapkan dapat membantu mengomunikasikan kebijakan pemerintah kepada publik.

“Peran aktif akademisi dalam mengawasi dan memberikan saran atas rumusan dan implementasi kebijakan pemerintah sangat dibutuhkan dan kami sangat terbuka untuk hal itu,” Airlangga.

Lebih lanjut, menurut Airlangga arah pembangunan ekonomi indonesia termasuk dalam hal pembangunan inklusif dan berkelanjutan.

Meski dihadapkan pada tantangan perlambatan ekonomi global, perekonomian Indonesia tetap tumbuh stabil dan berkualitas. Hal ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi yang stabil pada kisaran 5 persen, inflasi yang rendah dan stabil, persepsi iklim investasi yang membaik, menurunnya tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran serta membaiknya rasio gini.

Mengacu pada berbagai tantangan dan peluang yang terjadi di perekonomian global, perekonomian Indonesia pada 2020 diprediksi tumbuh 5,3 persen. Harapannya, terjadi peningkatan produktivitas, investasi yang berkelanjutan, perbaikan pasar tenaga kerja dan peningkatan kualitas SDM.

“Sehingga guna memastikan pertumbuhan yang berkualitas dan inklusif, Pemerintah menjalankan beberapa strategi, sebagaimana arahan Presiden RI yaitu pengembangan SDM berkualitas, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi Ekonomi,” papar Airlangga.

Sehingga, Airlangga menghimbau untuk mempersiapkan SDM yang kompeten di era industri 4.0, pemerintah mengusulkan 5 (lima) strategi pengembangan pendidikan dan pelatihan kejuruan dengan berfokus pada 3 lembaga kejuruan, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Balai Latihan Kerja (BLK), dan Politeknikoritas.

Lima strategi pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi tersebut meliputi mereformasi lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi, mengakreditasi lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi. Kemudian standar kompetensi dan sertifikasi, membakukan model kerjasama sarana dan prasarana dengan industri, serta meningkatkan koordinasi.

“6 sektor prioritas yang disasar mencakup agribisnis, manufaktur, pariwisata, tenaga kesehatan, ekonomi digital, dan pekerja migran,” ujar Airlangga.

Sehingga, Airlangga mengatakan untuk lebih mengoptimalkan program peningkatan kualitas SDM, pemerintah juga menjalankan program kartu prakerja. “Pemerintah juga mendorong peran Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam kegiatan Pengembangan SDM Indonesia melalui kegiatan vokasi dengan insentif pajak berupa fasilitas pemotongan pajak hingga 200 persen dari biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan vokasi,” tegas Airlangga.

Sumber: neraca.co.id


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only