IHSG masih volatil, simak saham pilihan Mirae Asset Sekuritas untuk April 2020

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih fluktuatif sepanjang April 2020. Hariyanto Wijaya, Kepala Riset Mirae Aset Sekuritas Indonesia mengatakan pergerakan IHSG yang cenderung fluktuatif ini karena Indonesia belum mencapai puncak kasus harian Covid-19.

Meskipun sebagian besar peneliti memperkirakan puncak Covid-19 akan terjadi pada Mei-Juni 2020, namun Mirae Asset memperkirakan bahwa puncak pandemik di Indonesia akan melampaui Juni 2020.

“Hal ini dapat terjadi jika pemerintah tidak dapat menghentikan tradisi mudik sebelum bulan puasa dan Idul Fitri,” tulis Hariyanto dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Senin (6/4).

Akibat dari penyebaran Covid-19, purchasing manager index (PMI) manufaktur Indonesia anjlok ke level terendah sepanjang sejarah, yakni 45,3 pada bulan Maret (51,9 di bulan Februari). Anjloknya PMI manufaktur dalam negeri seiring jatuhnya produksi dan pesanan baru akibat melemahnya permintaan dari pasar ekspor dan domestik.

“Investor asing cenderung membukukan net outflow dari pasar ekuitas Indonesia ketika PMI manufaktur Indonesia dalam kontraksi,” sambung Hariyanto.

Akibat pandemi ini pula, kebiasaan masyarakat pun berubah. Melansir survei Nielsen, penyebaran corona mendorong masyarakat untuk memasak di rumah, sehingga mendorong pertumbuhan permintaan barang pokok dan bumbu masakan.

Alhasil, produk yang berhubungan dengan kesehatan juga lebih sering dikonsumsi. Hal ini berdampak positif untuk produk barang konsumen dan perusahaan penyedia produk kesehatan.

Di tengah berlanjutnya perlambatan pertumbuhan ekonomi dan bisnis karena COVID-19, Mirae Asset Sekuritas mempertahankan saham-saham defensif sebagai top picks bulanan untuk bulan April 2020, yaitu saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Selain itu, Hariyanto juga merekomendasikan saham PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk ( MIKA) dan saham PT United Tractors Tbk (UNTR).

Sumber : KONTAN.CO.ID


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only