Hadapi Krisis, Menteri Ini Beri Sinyal Insentif Pajak Bakal Menyeluruh

Pemerintah Portugal memberikan sinyal adanya rencana untuk memberikan insentif berupa pengurangan pajak penghasilan (PPh) badan.

Menteri Ekonomi António Costa Silva mengatakan pengurangan PPh badan akan sangat bermanfaat bagi seluruh sektor industri. Menurutnya, insentif pajak diperlukan untuk menghadapi kondisi krisis yang terjadi pada saat ini.

“Hari ini, mengingat krisis yang kita hadapi, saya pikir akan sangat bermanfaat untuk melakukan pengurangan ini secara menyeluruh dan, dari sana, lihat apa dampaknya di masa depan,” katanya dikutip pada Minggu (25/9/2022).

Menurut Silva, pemerintah selama ini cukup selektif memberikan pengurangan PPh badan. Misal, dengan mewajibkan perusahaan untuk berinvestasi kembali sebagian dari keuntungan mereka ke dalam kegiatan ekonomi, inovasi teknologi, atau membuka lapangan pekerjaan.

Oleh sebab itu, ia memandang negara harus memberikan pengurangan PPh badan secara menyeluruh. Dia bahkan mengaku telah bernegosiasi dengan sejumlah pihak. Dia berharap negosiasi tersebut dapat membuahkan hasil untuk memasukkan insentif PPh badan dalam APBN.

“Saya berharap dalam negosiasi kesepakatan terkait dengan pendapatan, daya saing, dan kemudian dalam APBN, kita dapat menerapkan pengurangan pajak penghasilan badan,” ujarnya seperti dilansir euractiv.com.

Sebagai informasi, tarif PPh badan yang berlaku saat ini di Portugal ialah 21% atas laba perusahaan hingga EUR1,5 juta. Di sisi lain, biaya tambahan negara bagian dan biaya tambahan kota akan ditambahkan ke tarif ini untuk perusahaan dengan keuntungan lebih tinggi. (rig)

Sumber : ddtc.co


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only