BI Perkirakan Inflasi Oktober Sebesar 0,01% Secara Bulanan

JAKARTA. Ada potensi penurunan tingkat inflasi pada Oktober 2022.Berdasarkan Survei Pemantauan Harga Bank Indonesia (BI) pada pekan pertama Oktober 2022, inflasi diperkirakan sebesar 0,01% secara bulanan alias month on month (MoM).

Ini lebih landai dari capaian inflasi pada September 2022 yang mencapai 1,17% MoM.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan, komoditas utama penyumbang inflasi adalah bensin, tarif angkutan dalam kota, serta angkutan antar kota. 

“Bensin mengalami inflasi sebesar 0,05% MoM, tarif angkutan dalam kota dengan inflasi sebesar 0,03% MoM, dan angkutan antar kota dengan inflasi mencapai 0,01% MoM,” tulis Erwin dalam laporannya, Jumat (7/10).

Selain komoditas tersebut, komoditas lain yang mencatat inflasi adalah rokok kretek filter dan beras, yang masing-masing sebesar 0,01% MoM. 

Sebaliknya, ada komoditas yang mengalami deflasi, sehingga menahan laju inflasi. Contohnya, telur ayam ras sebesar 0,10% MoM, cabai merah turun 0,09% MoM, daging ayam ras turun 0,03% MoM, cabai rawit turun 0,02% MoM, serta tomat, daging sapi, minyak goreng, dan emas perhiasan yang masing-masing turun 0,01% MoM. 

Ke depan, BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk tetap mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah tekanan eksternal yang meningkat, serta terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut.

SUmber : kontan.co.id


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only