Pemerintah Portugal Usulkan Pungutan Pajak atas Keuntungan Tahunan Kripto Tahun Depan

Jakarta – Pemerintah Portugal diketahui baru-baru ini telah mengusulkan pajak atas keuntungan perdagangan cryptocurrency atau keuntungan modal dalam waktu satu tahun setelah akuisisi, di mana pajak yang diusulkan adalah sebesar 28%.

Dilansir dari Cointelegraph pada Rabu (12/10/2022), dalam sebuah Dokumen Anggaran Negara 2023 yang diterbitkan pada 10 Oktober, ada sebuah bagian singkat yang membahas perpajakan cryptocurrency yang tujuannya adalah untuk membuat kerangka pajak yang luas dan memadai bagi cryptocurrency dalam hal perpajakan dan klasifikasinya.

Secara lebih rinci, pajak penghasilan yang diusulkan terkait dengan aktivitas cryptocurrency adalah termasuk dalam kegiatan penambangan atau perdagangan, dan keuntungan modal.

Dalam dokumen tersebut mencatat, “keuntungan modal yang berkaitan dengan aset kripto yang dimiliki untuk jangka waktu kurang dari satu tahun dikenakan tarif 28% (tanpa mengurangi opsi agregasi), dengan keuntungan modal mengacu pada aset kripto yang dimiliki selama lebih dari 365 hari dibebaskan dari perpajakan.”

Tidak hanya itu, biaya perpajakan 4% juga diusulkan dari transfer cryptocurrency gratis dalam hal warisan, serta bea materai pada komisi yang dibebankan oleh perantara yang terlibat dalam sektor cryptocurrency.

Namun, usulan ini masih belum mendapatkan respons dari otoritas pajak Portugal karena sampai saat ini aset digital di negara tersebut masih belum diakui sebagai alat pembayaran yang sah.

Sumber : wartaekonomi


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only