Investor Bertaruh Rencana Aturan Pajak yang Diusung PM Inggris Bakal Diundur

JAKARTA. Pasar keuangan Inggris kembali menguat karena investor bertaruh pemerintah akan membalikkan arah rencana pemotongan pajaknya baru-baru ini.  

Sebab, selama ini Perdana Menteri negara itu Liz Truss masih terus bergulat dengan pemberontakan yang berkembang dari investor dan anggota parlemen dari Partai Konservatifnya sendiri.

Pada hari Kamis (13/10), anggota parlemen Konservatif dan beberapa pejabat pemerintah berspekulasi bahwa Truss mungkin mengubah taktik pada salah satu rencana utama pemotongan pajak, untuk membalikkan rencana kenaikan tarif utama pajak perusahaan menjadi 25% dari 19% saat ini, yang dijanjikan oleh pemerintah Boris Johnson sebelumnya untuk menjaga keuangan publik tetap stabil.

Mengutip Wall Street Journal (14/10), Menteri Keuangan Inggris Kwasi Kwarteng mengatakan posisi pemerintah tidak berubah dan menambahkan bahwa dia akan menyajikan rencana fiskal yang lebih rinci pada 31 Oktober. 

Sebelumnya, pada pekan lalu pemerintah juga membatalkan rencananya untuk memotong tarif tertinggi pajak penghasilan menjadi 40% dari 45%.

Selama berkuasa lebih dari sebulan, Truss telah dilanda krisis sejak pemerintahnya mengumumkan rencana untuk memasangkan subsidi baru yang besar untuk harga energi tahun ini dengan pemotongan pajak terbesar dalam satu generasi. 

Kekhawatiran tentang dampak rencana terhadap inflasi dan utang pemerintah memicu gejolak di pasar keuangan Inggris, mendorong bank sentral untuk meluncurkan program darurat pembelian obligasi pemerintah. 

Bank of England berusaha untuk mencegah aksi jual menyebabkan krisis keuangan yang lebih luas, terutama dalam dana pensiun yang telah dimuat pada derivatif sebagai bagian dari strategi yang dikenal sebagai investasi yang didorong oleh kewajiban.

Dana Moneter Internasional, yang telah mengkritik rencana pajak, juga mendesak pemerintah Inggris untuk menghindari stimulus fiskal pada saat bank sentral menaikkan suku bunga ke inflasi kandang. 

“Kebijakan fiskal seharusnya tidak merusak kebijakan moneter,” Kristalina Georgieva, direktur pelaksana Dana Moneter Internasional

Pada minggu ini, Bank of England memperjelas sikapnya yang tidak akan terus mendukung pasar obligasi melewati tenggat waktu yang mungkin telah meningkatkan tekanan pada pemerintah untuk mengatasi beberapa kekhawatiran mendasar pasar tentang keberlanjutan keuangan Inggris. 

Sumber : Kontan.co.id


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only