Simak Daftar Insentif Pajak Proyek IKN Nusantara, Bikin Investor Ngelirik

Jakarta – Dalam rangka menarik minat para investor, pemerintah membagikan beragam insentif pajak bagi mereka yang menanamkan modalnya untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Wakil Kepala Badan Otorita IKN Nusantara, Donny Rahajoe mengatakan, pemerintah akan memberikan insentif khusus bagi investor di Ibukota baru. Dia memastikaninsentif khusus ini berbeda dengan pengusaha yang berinvestasi di wilayah lain, termasuk di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“IKN ini insentifnya berbeda dengan insentif biasa yang misalnya di KEK atau di kawasan-kawasan lain,” kata Donny seperti ditulis, Rabu (19/10/2022).

Donny menjelaskan Badan Otorita memiliki kewenangan khusus untuk memberikan kepastian investasi di Nusantara. Sehingga pengusaha mendapatkan kepastian hukum dari pintu khusus.

Tak hanya itu, terkait lahan, dia menjamin ketersediaannya sudah tersedia. “Berbeda dengan pengembang-pengembang kota baru atau tempat lain, tanah sudah tersedia,” imbuhnya.

Pemerintah juga akan memberikan paket-paket insentif lain seperti insentif pajak, PPN dan PPH yang ditanggung pemerintah. Donny mencontohkan para profesional yang bekerja di IKN dalam waktu tertentu akan dibebaskan pajaknya. Selain itu, pihaknya tengah membahas terkait tax holiday selama mungkin.

“Sedang diskusikan juga tentang tax holiday yang sepanjang-panjangnya. Kita sudah usulkan 30 tahun dan ini akan bila ada kesepakatan kita akan harmonisasi,” ungkapnya.

Insentif Lainnya

Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi

Ada juga insentif perpajakan yang diberikan kepada industri yang terlibat dalam program-program pendidikan vokasi atau supertax deduction. Insentif ini ditujukan kepada industri yang memberikan vokasi, infrastruktur, taman, dan sebagainya.

“Jadi prinsip gotong royong yang disampaikan Kadin kita akan buka seluas-luasnya. Modelnya seperti apa, kami akan akomodir baik secara B2G maupun B2B. Jadi total packagenya akan beda di daerah lainnya,” kata dia.

“Filosofinya air mengalir ke titik yang lebih rendah. Nah kita akan dapatkan ada insentif di Indonesia, di sini lebih rendah,” ungkapnya.

Sumber : liputan6.com


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only