Mendag: Trade Expo Indonesia 2022 Tingkatkan Potensi Perdagangan Indonesia ke Pasar Global

TANGERANG – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, mengatakan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 meningkatkan potensi perdagangan Indonesia ke pasar global. 

Hal itu, disampaikan Mendag Zulkifli saat acara opening ceremony TEI 2022 ke-37 di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai City (ICE, BSD City), Tangerang, Rabu (19/10/2022).

Menurut dia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus menggenjot perdagangan Indonesia melalui misi dagang ke berbagai negara. 

Paling terbaru adalah misi dagang Indonesia ke Indoa, pada 21-22 Agustus 2022 dan Qatar pada 9-10 Oktober 2022.

“Misi dagang ke India berhasil mencatatkan 22 kesepakatan dagang dengan nilai total mencapai 3,2 miliar dolar AS. Ini besar, ada produk sawit dan kertas dan batubara nilainya memang besar,” kata Zulkifli. 

Sedangkan misi dagang ke Qatar, berhasil mencatat potensi transaksi senilai hampir Rp100 miliar. Transaksi tersebut tercapai karena Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak UMKM pakaian muslim, kopi, dan lain-lain. 

“Ke depan, Kemendag berkomitmen lebih fokus menggarap pasar non tradisional, seperti Afrika, ASia Selatan, bahkan Eropa Timur untuk mengatasi perlambatan ekonomi dunia,” ungkap Zulkifli. 

Pada kesempatan itu, Mendag yang mendampingi Presiden Joko Widodo membuka acara ini dan berkeliling, mengapresiasi kehadiran tamu undangan banyak yang sebagian besar berasal dari Afrika. 

Menurut dia, hal itu membuktikan bahwa acara TEI bisa membuka peluang pasar sampai ke Afrika, terlebih negara tersebut menyukai produk-produk Indonesia. 

“Ini tamu undangan banyak sekali yang Afrika. Afrika itu satu miliar lebih orangnya. Oleh karena itu, kita mulai menyerbu Afrika sekarang. Juga Asia Selatan, seperti India, Pakistan, Bangladesh. Itu 1,5 miliar penduduknya, jadi banyak sekali,” kata Zulkifli.

Dia mengungkapkan, Indonesia terus mendorong perjanjian dagang dengan pasar non tradisional supaya tidak ada lagi tarif pajak yang diberlakukan, jadi bisa langsung ekspor ke berbagai belahan dunia. 

“Jadi semuanya non tarif, kita bisa langsung ekspor ke Afrika, Asia Selatan, Asia Tengah, Timur Tengah, bahkan bisa ke Eropa Timur, kalau mau jauh lagi sampai ke Amerika Latin, pasar-pasar non tradisional,” ujar Zulkifli. 

Sumber : iNews.id


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only