Ancaman Resesi 2023, Bos BCA Yakin Pertumbuhan Kredit Tak Jauh Beda dengan Tahun Ini

Jakarta – Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA Jahja Setiaatmadja yakin ancaman resesi global pada tahun 2023 tak terlalu berpengaruh terhadap kinerja penyaluran kredit bank yang dipimpinnya. Ia optimistis kredit akan tumbuh tak jauh berbeda ketimbang capaian tahun ini. 

“Untuk tahun 2023, kami cukup optimistis melihat bahwa tahun ini kredit kami secara tahunan sudah naik 12,6 persen,” kata Jahja dalam konferensi pers pekan lalu. “Mudah-mudahan dengan persentase yang kurang lebih sama, kami bisa di tahun 2023. Pun kita tahu tantangan pasti ada.”  

Hingga akhir kuartal ketiga tahun 2022, BCA telah menyalurkan kredit Rp 682 triliun, naik 12,6 persen secara year-on-year (yoy). Untuk tahun ini, perseroan memproyeksikan pertumbuhan kredit berkisar 8 – 10 persen yoy.

Keyakinan Jahja di antaranya karena masih ada beberapa sektor potensial yang dinilai mampu mengerek kinerja kredit dari perusahaan berkode saham BBCA tersebut. Meski di saat kondisi seperti saat ini sulit untuk memetakan sektor mana yang memiliki potensi bertumbuh, yang pasti sektor konsumsi akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

“Sektor konsumsi akan selalu dibutuhkan karena 260 juta masyarakat di Indonesia perlu makan dan perlu fesyen juga, itu akan selalu ada kebutuhan,” ucap Jahja.

Selain itu, kata Jahja, sektor lain yang diharapkan bertumbuh adalah pariwisata. Apalagi sejumlah negara mulai melonggarkan aktivitas masyarakat untuk bepergian. Hal tersebut dinilai bakal menjadi potensi bagi sektor pariwisata untuk meningkatkan transaksi net foreign exchange.

Per kuartal III tahun 2022, kinerja kredit BCA ditopang oleh seluruh segmen seperti kredit korporasi yang naik 13,4 persen yoy menjadi Rp 306,1 triliun, sedangkan kredit komersial dan UKM naik 12,6 persen yoy mencapai Rp 203,5 triliun. Sementara kredit pemilikan rumah (KPR) tumbuh 10,4 persen yoy menjadi Rp 105 triliun, dan kredit kendaraan bermotor (KKB) sebesar Rp 43,8 triliun atau naik 9,2 persen yoy.

Sumber : tempo.co


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only