Sri Mulyani Optimistis Penerimaan Pajak 2023 Bakal Cetak Hattrick

Jakarta. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis target penerimaan pajak tahun ini akan kembali tercapai.

Dengan demikian, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan berpeluang mencetak hattrick setelah dua tahun terakhir juga menorehkan kinerja penerimaan sangat optimal di atas target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

“Tahun 2023, kita tetap optimis penerimaan pajak akan kembali tercapai dan mencetak hattrick,” ujar Sri Mulyani dalam unggahan di instagram pribadinya, Rabu (12/7).

Sri Mulyani juga mengapresiasi capaian tax ratio alias rasio pajak yang tumbuh signifikan dari 9,21% pada tahun 2021 menjadi 10,39% pada tahun 2022, tertinggi dalam tujuh tahun terakhir.

Meski begitu, dengan kondisi global saat ini, dirinya menekankan bahwa pekerjaan rumah DJP Kemenkeu semakin banyak dan tidak mudah. Untuk itu, dirinya meminta agar seluruh jajaran terutama pimpinan untuk semakin serius dan kompeten.

Iya menyebut, pajak harus mampu menjadi instrumen untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut bisa tercapai jika institusi dan para jajarannya mau untuk terus berubah, memperbaiki diri, dan melakukan reformasi.

Termasuk melalui penerapan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) dan Core Tax atau Sistem Inti Administrasi Perpajakan (SIAP).

Sumber : kontan.co.id


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only