Anak Buah Sri Mulyani Pede Pajak Tembus Rp1.818 Triliun Tahun Ini

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) optimis penerimaan pajak menembus Rp1.818 triliun pada akhir tahun 2023. Adapun, angka tersebut di atas target yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sebesar Rp1.718 triliun.

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu, Ihsan Priyawibawa mengatakan bahwa optimisme tersebut didukung oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil dan masih terdapat spillover effect dari kenaikan harga komoditas pada tahun 2022 lalu.

“Keuntungan tahun lalu yang dilaporkan pada tahun 2023 ini membantu penerimaan, sehingga pada akhir tahun nanti masih akan tumbuh 5,9% atau Rp1.818 triliun,” kata Ihsan dalam Media Gathering di Grand Aston Puncak, Bogor pada Selasa (26/9/2023).

Namun demikian, pertumbuhan penerimaan pada akhir tahun yang diproyeksikan sebesar 5,9% diperkirakan lebih rendah dibandingkan realisasi pertumbuhan Januari-Agustus tahun ini yang sebesar 6,4%. Hal itu dikarenakan penurunan harga komoditas diperkirakan berlanjut dan perlambatan perdagangan global yang persisten.

“Hal ini akan menimbulkan tekanan pada PPh/PPN Impor dan PPN DN, serta akan mendorong Wajib Pajak untuk melakukan penurunan Angsuran PPh Badan,” ujar Ihsan.

Sumber : Economy.okezone.com


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only