Pesan Sri Mulyani untuk Menteri Keuangan RI Selanjutnya

Masa jabatan menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju akan berakhir pada tahun depan. Seiring dengan semakin dekatnya waktu pergantian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan pesan kepada menteri keuangan di era pemerintahan selanjutnya.

Secara garis besar, Sri Mulyani meminta kepada penggantinya untuk bekerja secara baik. Tidak ada pesan atau tugas khusus yang diberikannya.

“Tadi bilang (pesan untuk) menteri keuangan selanjutnya, ya kerja baik-baik saja,” kata dia, dalam Kompas100 CEO Forum ke-14, Rabu (1/11/2023).

Namun demikian, wanita yang akrab disapa Ani itu mengingatkan, tugas seorang menteri keuangan tidak lah mudah. Sebab, sebagai bendahara negara, menteri keuangan perlu menemukan ekuilibrium antara kebijakan pendapatan dan belanja negara.

Ia mencontohkan, terdapat permintaan dari pengusaha untuk mengurangkan besaran pajak guna mendongkrak sektor usaha tertentu, seperi sektor energi baru terbarukan.

Pemerintah pun disebut bersedia untuk mendengarkan dan melihat kajian terkait masukan tersebut.

Akan tetapi ia mengingatkan, pengurangan pajak akan berdampak terhadap besaran penerimaan negara. Padahal, kebutuhan belanja negara terus meningkat.

“Birokrasi minta tukin naik, infrastruktur minta dibangun. Jadi kita bingung kan, penerimaan turun dari pajak, tapi dari belanja kita meningkat,” tuturnya.

“Oleh karena itu memang menteri keuangan selanjutnya kerja baik-baik saja,” sambung Ani.

Melihat kebutuhan belanja negara yang terus meningkat, Ani berpesan kepada menteri keuangan selanjutnya untuk mempertahankan besaran pendapatan.

Ia menyebutkan, pada 2020-2023 belanja negara meningkat 23 persen, namun pendapatan negara tumbuh lebih pesat lagi, yakni 70 persen.

“Makanya APBN Indonesia relatif sehat,” ucap dia.

Sumber : Money.kompas.com


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only