Pesan Sri Mulyani untuk Menkeu Selanjutnya: Kerja yang Baik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berpesan kepada penggantinya kelak untuk bekerja sebaik-baiknya.

Pesan itu disampaikan saat acara Kompas100 CEO Forum ke-14 di Novotel Balikpapan pada Rabu (1/11/2023).

“Kerja baik-baik aja,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu, dia mengungkapkan, banyak pihak yang meminta untuk menurunkan pungutan pajak. Namun, tuntutan belanja di berbagai sektor juga banyak.

Ia mengatakan, banyak negara yang memiliki tarif pajak yang rendah. Bahkan, ada negara kecil yang tidak memungut pajak agar menjadi lebih efisien.

“Di dalam banyak menteri-menteri keuangan banyak bicara race to the bottom, jadi rate-nya makin ke bawah makin nol, (tapi) enggak ada negara yang bisa survive (bertahan),” tuturnya.

Dia mengatakan, jika Indonesia menurunkan tarif pajak, sedangkan belanja meningkat, tentu akan sulit.

“Saya kalau race to the bottom di satu sisi penerimaan mungkin akan turun, habis. Terus birokrasinya minta tukin (tunjungan kinerja) naik, meminta infrastruktur dibangun. Jadi kita bingung kan. Penerimaan turun dari sisi pajak, tapi belanjanya kita meningkat,” ungkapnya.

Untuk itu, Sri Mulyani berpesan kepada Menkeu selanjutnya agar bekerja dengan baik. Sebab, banyak tantangan berat ke depannya, baik level nasional maupun global.

“Kerja baik-baik aja. Artinya you are going to face this constantly. Kalau nanti pajaknya dibebaskan, enggak perlu ada dirjen pajak, Pak, gitu? Ya kan. Nah, ini yang mungkin menjadi salah satu tantangan yang paling berat,” pungkasnya.

Sumber : Regional.kompas.com


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only