Ojol Lampung Tolak Kebijakan Kendaraan Mati Pajak Dilarang Isi BBM di SPBU

Bandar Lampung: Pengemudi Ojek Online (Ojol) di Bandar Lampung menolak rencana pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung yang akan menerapkan aturan, soal larangan kendaraan menunggak pajak mengisi BBM di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Penolakan itu salah satunya disampaikan oleh pengemudi ojol bernama Muhammad Nazar Siregar. Menurutnya kebijakan Pemprov Lampung itu bukan solusi yang baik. Kebijakan itu justru menyulitkan para pengendara yang mati pajak.

“Bukan solusi yang baik, kami sangat menolak keras rencana Pemprov Lampung,” kata dia saat ditemui Lampost.co di sekitaran Tugu Adipura, Bandar Lampung pada Rabu, 8 November 2023.

Ucok, sapaan akrab Muhammad Nazar Siregar mengatakan bahwa jika aturan itu diterapkan maka dapat menimbulkan konflik baru di tengah masyarakat. Para pengendara yang mati pajak akan memilih untuk mengisi BBM di eceran pinggir jalan.

“Mereka pasti milih dieceran pinggir jalan. Dikhawatirkan makin banyak pengecor ilegal di SPBU,” katanya.

Menurut Ucok, banyak faktor yang menyebabkan masyarakat tidak taat pajak, misalnya birokrasi yang sulit saat akan membayar pajak kendaraan. Kemudian faktor ekonomi juga sangat mempengaruhi masyarakat untuk membayar pajak.

“Liat aja dulu ekonomi sekarang ini lagi sulit, mereka belum ada uang mau bayar pajak karena kebutuhan sekarang lagi naik,” katanya.

Hal senada disampaikan pengemudi ojol lainnya, M. Riki. Ia mengatakan keseriusan Pemprov Lampung untuk menyadarkan masyarakat taat pajak dilakukan secara tebang pilih dan tidak sungguh-sungguh.

“Turun juga ke perusahaan-perusahaan besar itu,berani nggak mereka, liat pajak-pajak kendaraan mobil besar-besar itu,” katanya. 

Riki mengatakan bahwa masyarakat akan taat pajak jika diberikan edukasi secara baik mengenai tata cara membayar pajak. Selama ini banyak masyarakat yang merasa disulitkan dalam membayar pajak terutama pajak kendaraan bermotor.

“Kadang mau bayar pajak saja banyak sekali aturannya, padahal kami niat bayar pajak. Kalau sulit ya jadi malas juga akhirnya,” kata dia.

Sumber : Metrotvnews.com


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only