Sri Mulyani Singgung Belanja Pesawat Tempur, Ada Apa?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyinggung pembelian pesawat jet tempur menggunakan APBN yang dilakukan oleh salah satu calon presiden 2024, saat berbicara dihadapan pegawai mudanya.

Dalam acara DJKN Muda: Commencement Day, Sri Mulyani mengungkapkan pembelian pesawat jet tempur itu sebagai bentuk contoh pentingnya pegawai Kementerian Keuangan memahami lebih luas tentang aset negara, yang tidak hanya berupa infrastruktur.

“Kalian mungkin hanya mikir aset hanya belanja modal which is bener juga. Entah itu gedung, jalan, bendungan, satelit, pelabuhan, airport, itu semua adalah belanja modal,” ucap Sri Mulyani dikutip Jumat (10/11/2023).

“Ada juga sih belanja yang mungkin kalian jarang sentuh, pesawat tempur, punyanya salah satu capres, iya kan? Kapal selam, itu juga aset negara, dan itu diperoleh APBN,” tutur Sri Mulyani.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani menekankan kepada para pegawainya setelah memahami mana aset-aset negara yang seluruhnya dibeli melalui APBN, atau pajak rakyat, jangan hanya dinikmati pemakaiannya, melainkan dikelola untuk memberikan nilai tambah.

“Berkali-kali saya selalu mengatakan, suatu negara dari sisi martabat civilization peradabannya sangat ditentukan dari cara mendapatkannya aset, dan cara mengelola seeta memperlakukan aset,” ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, negara-negara maju hingga kini masih menjaga aset negaranya bisa tetap hidup dan memberi nilai tambah bagi perekokomian, misalnya piramida dan patung sphinx di Mesir.

“Betapa civilization itu dibangun, dan bagaimana aset-aset itu bisa reserve dan disampaikan untuk menjadi umat manusia belajar. Jadi tugas kalian enggak cuma rupiah dapat berapa (aset), dikelola, operasional cost berapa, depresiasi berapa gmana cara mengelola, itu adalah minimum requirement,” ungkap Sri Mulyani.

Meski untuk persoalan jet tempur sendiri Sri Mulyani tidak menyebutkan secara detail namanya, namun diketahui bahwa eksekusi pembelian pesawat jet tempur dari APBN telah dilakukan capres Prabowo Subianto tatkala menjabat sebagai menteri pertahanan pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini.

Prabowo kini maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 didampingi putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Salah satu pembelian jet tempur Prabowo Subianto adalah 12 unit Mirage 2000-5 bekas. Sebanyak 12 unit pesawat tempur bekas ini diborong Indonesia dari Qatar senilai US$792 juta atau sekitar Rp12 triliun.

Keputusan Prabowo itu membeli 12 unit jet tempur Mirage 2000-5 dari Qatar dengan biaya US$792 juta dikritik anggota DPR, karena usia jet bekas hanya tersisa 10 tahun lagi. Sebab, Angkatan Udara Qatar membeli dari Perancis pada akhir 1980-an.

Sumber : Cnbcindonesia.com


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only