Bocoran! Tiket Pesawat Lebih Murah di Waktu Ini

Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah meminta maskapai agar memperbanyak diskon harga tiket pesawat. Menhub juga sudah berkomunikasi dengan maskapai salah satunya Pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana.

“Saya bisik-bisik tadi dengan pak Rusdi Kirana, katanya mau bantu kasih diskon (tiket pesawat) hari weekdays dan siang hari,” kata Budi Karya saat ditemui wartawan di kawasan Soekarno Hatta, dikutip Selasa (22/8/2022).

Menhub menjelaskan, jika okupansi pesawat naik saat jam-jam sepi bisa dinaikkan akan mengurangi tekanan maskapai di tengah lonjakan harga avtur dan kurs rupiah terhadap dolar AS. 

Okupansi pesawat pada hari kerja itu, lanjut Menhub, hanya 50% bahkan bisa kurang. Terlebih pada pukul 11.00 – 13.00. Makanya pihaknya juga mendorong masyarakat untuk melakukan pembelian tiket pesawat pada hari kerja dan siang hari.

“Makanya saya minta kepada masyarakat dan airlines ada satu kerja sama. Airlines beri tiket murah pada weekdays dan siang hari. Penumpang juga jangan perginya pagi dan sore hari saja atau weekend, melainkan weekdays,” katanya.

Sehingga, lanjut mantan Dirut AP 2 ini, okupansi pesawat itu yang tadinya 50% bisa menjadi 100%. Nah kalau maskapai dapat uang dari sana secara akumulatif income dari airlines menjadi lebih baik, sehingga punya ruang untuk memberikan diskon tiket pesawat pada waktu puncak.

Pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengurangi biaya penerbangan.

“Seperti tadi pak Menteri bilang kami akan berkolaborasi mengurangi biaya airlines juga karena kan kita juga mengalami kenaikan biaya avtur dan lain-lain,” katanya.

Konkretnya maskapai bisa mengurangi harga tiket pesawat pada hari-hari kerja atau weekdays atau pada penerbangan siang hari. Dimana pada kurun waktu itu minim penumpang penerbangan ketimbang akhir pekan atau waktu pagi dan malam hari.

“Namun kan ada sela yang bisa kita turunkan, misalnya weekdays atau siang hari,” kata Rusdi.

Selain itu dia juga mengungkapkan Menteri Perhubungan saat ini tengah mengusulkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memberi insentif pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

“Beliau (Menhub) juga mengusulkan PPN avtur dihilangkan atau dikurangi,” katanya.

Sumber : CNBC Indonesia


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only