Realisasi Anggaran Kemenhub Capai Rp 16,8 T, Terbanyak buat Belanja Modal

Jakarta – Realisasi kinerja keuangan Kementerian Perhubungan baru mencapai Rp 16,8 triliun atau 52,6 persen dari pagu anggaran. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis target tahun ini bisa dicapai.

Untuk diketahui, pagu anggaran tahun 2022 untuk Kemenhub sebesar Rp 31,94 triliun. Targetnya, bisa direalisasikan sebesar 95,90 persen dari anggaran di akhir tahun nanti.

Pada tahun 2022, pagu awal Kemenhub sebesar Rp 32,94 persen. Kemudian, dengan adanya penyesuaian (automatic adjustment) dan rekomposisi anggaran, pagu akhir menurun menjadi Rp 31,94 Triliun.

“Adanya kebijakan Automatic Adjustment memang mempengaruhi ruang fiskal dalam rangka memenuhi program prioritas nasional,” ujar Menhub saat menghadiri Raker dengan Komisi V DPR-RI di Jakarta, mengutip keterangan resmi, Rabu (24/8/2022).

“Namun dengan keterbatasan yang ada, kami berupaya memastikan aspek keselamatan, layanan dan kebutuhan infrastruktur prioritas tetap berjalan,” lanjut dia.

Rinciannya, Belanja Pegawai terealisasikan sebesar Rp 2,51 triliun atau 67,4 persen pagu sebesar Rp 3,72 triliun. Kemudian realisasi Belanja Barang sebesar Rp 6,95 triliun dari pagu Rp 13,73 triliun.

Sementara, Belanja Modal terealisasi sebesar  Rp 7,34 Triliun atau 50,6 dari pagu sebesar Rp14,49 triliun.

Menhub Budi mengungkapkan, sejumlah upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja anggaran. Yakni mengawal secara ketat Rencana Penarikan Dana (RPD) untuk memastikan pelaksanaan sesuai target yang direncanakan.

Kemudian peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja (value for money), merevisi terhadap sisa kontrak dan buka tanda blokir dan memanfaatkan fleksibilitas Automatic Adjustment untuk kegiatan yang lebih feasible atau kegiatan direktif yang penting dan mendesak.

Sumber : liputan6.com


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only