Strategi DJP Kejar Target Pajak Rp1.642 Triliun Tahun ini

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan realisasi pajak sepanjang 2020 sebesar Rp1.642,6 triliun. Realisasi ini lebih besar dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp1.577,6 triliun.

Direktur Jenderal Perpajakan Kementerian Keuangan, Suryo Utomo, mengatakan ada beberapa upaya fokus kerja di 2020 dalam mengejar target pajak di tahun ini. Salah satunya adalah dengan memperluas wajib pajak.

Suryo menyebut salah satu cara memperluas wajib pajak adalah dengan menambah jumlah pajak baru. Kemudian tidak kalah penting yakni pihaknya juga akan membina wajib bajak baru agar lebih patuh.

“Saya coba korelasikan yang sedang kita kerjakan. Kami ingin bagaimana kita meningkatkan kepatuhan sukarela tinggi,” kata dia di Kantor PLN, Jakarta, Jumat (31/1).

Dia mengakui, untuk meningkatkan kepatuhan tinggi bagi wajib pajak memang tidak mudah. Untuk itu, pihaknya juga berupaya terus mengedukasi para wajib pajak baru maupun lama untuk tetap meningkatkan kepatuhan.

“Bagaimana kita edukasi (wajib pajak), dan bagaimana kita letakan regulasi kepastian hukum. Ini jadi PR kami terus terang saja,” tandas dia.

Sumber : Merdeka.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only