Katanya, Kinerja Penerimaan Pajak Kanwil Ini Terbaik Secara Nasional

JAKARTA, Ditjen Pajak (DJP) telah merampungkan tugas mengumpulkan penerimaan pada tahun fiskal 2019. Beberapa unit kerja mulai membuka data realisasi penerimaan, salah satunya Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jakarta Selatan II.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJP Jakarta Selatan II Edi Slamet Irianto mengatakan untuk tahun lalu, kinerja Kanwil yang dipimpinya relatif baik. Pasalnya, bila dihitung secara bruto, Kanwil DJP Jakarta Selatan II mampu melampaui target yang ditetapkan.

“Untuk Kanwil DJP Jakarta Selatan II capaian penerimaan per 31 Desember 2019 pukul 00.00 bila lihat angka bruto itu sekitar 107% dari target,” katanya, Sabtu (4/1/2020).

Edi kemudian menjabarkan realisasi penerimaan Kanwil DJP Jakarta Selatan II hingga tutup tahun fiskal 2019 secara bruto mencapai Rp38,7 triliun. Capaian tersebut melampaui target yang diemban sejumlah Rp36,4 triliun.

Namun, secara neto, setelah mengeluarkan kewajiban pencairan restitusi kepada wajib pajak, angka realisasi menjadi Rp35,6 triliun. Dengan demikian, realisasi penerimaan di Kanwil DJP Jakarta Selatan II memenuhi 97,9% dari target yang ditetapkan senilai Rp36,4 triliun.

Edi menyebutkan hasil kerja di Kanwil yang dipimpinnya sangat baik jika melihat betapa tertekannya penerimaan pajak secara nasional tahun lalu. Dengan realisasi senilai Rp35,6 trilun, fiskus di Kanwil DJP Jaksel II mampu mencatat pertumbuhan penerimaan double digit, yaitu 18,7% dari tahun fiskal 2018.

“Dengan persentase capaian neto 97,9% dari target, kami mampu mendapatkan pertumbuhan penerimaan hingga 18,7% tahun lalu,” paparnya.

Jika dibandingkan dengan kinerja tingkat Kanwil di seluruh unit kerja DJP, sambungnya, realisasi penerimaan Kanwil DJP Jakarta Selatan II menjadi yang terbaik secara nasional. Posisi tersebut didapat karena kinerja penerimaan di Kanwil DJP Jaksel II menjadi yang paling bagus dalam urusan mengejar target dan juga dalam hal pertumbuhan penerimaan pajak.

“Kinerja [Kanwil DJP Jakarta Selatan II] berada di posisi pertama atau terbaik secara nasional,” Imbuh Edi. (kaw)

Sumber: ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only