Ditjen Pajak optimistis target kenaikan penerimaan pajak 2020 sebesar 23,3% tercapai

Jakarta, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) optimistis penerimaan pajak bisa sesuai target atau tumbuh 23,3% dari realisasi sepanjang tahun lalu.

Pencapaian tahun lalu yang mencatatkan shortfall hingga Rp 245 triliun nyatanya tidak akan membuat pemerintah merevisi proyeksi pajak.

Direktur Pelayanan, Penyuluhan, Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu Hestu Yoga Saksama mengatakan, tema besar otoritas pajak dalam optimalisasi penerimaan pajak adalah perluasan basis pajak.

Baik basis pajak dalam upaya intensifikasi yakni dari Wajib Pajak (WP) yang sudah terdaftar, maupun ekstensifikasi dengan merangkul  yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Kedua cara lama ini merupakan perluasan basis pajak yang dilakukan melalui peningkatan kepatuhan sukarela dengan cara edukasi dan perbaikan kualitas pelayanan. “Perluasan basis pajak juga kita lakukan melalui pengawasan dan penegakan hukum yang berkeadilan,” kata Yoga kepada Kontan.co.id, Kamis (30/1).

Di sisi lain, di tahun ini ada cara baru yang akan dilakukan pemerintah. Misalnya,penambahan 18 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya baru serta KPP Pratama berbasis kewilayahan merupakan pendekatan yang diyakini akan efektif untuk memperluas basis pajak.

Selain itu, otoritas pajak juga tetap menjalankan penegakan hukum yang dilakukan terarah hanya kepada para WP yang indikasi ketidakpatuhannya tinggi berdasarkan Compliance Risk Management (CRM). “Ini akan memberikan rasa keadilan terhadap WP yang sudah patuh,” ujar Yoga.

Adapun, berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pemerintah menargetkan realisasi pajak sepanjang tahun 2020 sebesar Rp 1.642,6 triliun.

Nah, dari realisasi penerimaan pajak tahun lalu yakni Rp 1.332,1 triliun, artinya pemerintah di 2020 harus berupaya untuk memberikan pertumbuhan sekitar 23,3% secara tahunan. Padahal pertumbuhan tahun  lalu hanya 1,4% year on year (yoy).

Sumber: kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only