Pacu Setoran Pajak Hotel dan Restoran, Calon Bupati Siap Lakukan Ini

 Calon Bupati Malang Sanusi menjanjikan kemandirian fiskal melalui optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) jika terpilih dalam Pilkada serentak yang akan digelar bulan depan.

Peningkatan PAD di Kabupaten Malang, Jawa Timur, lanjutnya, menjadi salah satu agenda prioritas jika memenangkan kontes politik lokal. Sejumlah program akan dilakukan untuk menggenjot setoran PAD untuk mencapai kemandirian daerah dalam bidang keuangan.

“Pada daerah lain, PAD itu bisa mencapai Rp12 triliun dari pajak hotel dan restoran. Itu yang harus dikembangkan di Kabupaten Malang,” katanya dikutip Rabu (11/11/2020).

Sanusi menilai Kabupaten Malang memiliki potensi besar sebagai destinasi kegiatan pariwisata. Oleh karena itu, fokus optimalisasi setoran PAD dapat dilakukan melalui peningkatan penerimaan sektor jasa pariwisata seperti pajak hotel dan pajak restoran.

Menurutnya, pemkab bisa belajar banyak dari implementasi kebijakan pajak daerah dari Kabupaten Badung, Bali. Sektor pariwisata menjadi tulang punggung penerimaan daerah di Badung seharusnya bisa ditiru Kabupaten Malang.

“Kami akan memaksimalkan potensi hotel dan restoran, karena PAD terbesar itu dari pariwisata,” tuturnya.

Sanusi menambahkan agenda pertama dalam upaya optimalisasi setoran PAD adalah memudahkan perizinan bagi pelaku usaha jasa pariwisata di Kabupaten Malang. Dia menuturkan wilayah pesisir selatan Kabupaten Malang menyimpan potensi kegiatan pariwisata yang besar.

Dia menyebutkan sudah ada komitmen investor untuk mengembangkan bisnis jasa pariwisata di selatan Kabupaten Malang sehingga dapat berkontribusi terhadap penerimaan daerah, terutama dari pajak hotel dan restoran.

“Akan ada area resort yang dibangun di sepanjang pantai Malang selatan. Sudah banyak yang mau kerja sama, sehingga akan terjadi percepatan di bidang perekonomian dan masalah sosial kehidupan di masyarakat,” ujarnya seperti dilansir malangtimes.com. (rig)

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only