Penerimaan Kepabeanan Tahun Ini Masih Merosot

Jakarta, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemkeu) memprediksi realisasi penerimaan kepabeanan tahun ini bakal kembali terkoreksi. Proyeksi penurunan ini sebagai imbas kebijakan pemerintah menekan impor dan menggenjot ekspor.

Dari realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019, penerimaan kepabeanan mencapai Rp 40,94 triliun. Angka ini turun 11,8% year on year (yoy) ketimbang tahun sebelumnya sebesar Rp 45,78 triliun. Perinciannya penerimaan bea masuk turun 3,4% secara tahunan (yoy) setara Rp 37,45 triliun. Sementara penerimaan bea keluar hanya Rp 3,49 triliun atau anjlok 48,45% secara tahunan.

Syarif Hidayat, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga DJBC Kemkeu menjelaskan, turunnya penerimaan bea masuk dan bea keluar tahun ini akan merujuk ekonomi global yang tertekan. Begitu prediksinya,” katanya, Sabtu (25/1).

Namun ia tidak membeberkan target kontraksi kepabeanan tahun ini. Yang jelas Dirjen Bea dan Cukai tetap memegang target penerimaan kepabeanan tahun ini sebesar Rp 42,6 triliun. Perinciannya bea masuk sebesar Rp 40 triliun dan sisanya bea keluar.

Sumber : Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only